Site Audit Untuk Blog di Moz.com Bikin Pusing tapi Seru

8 comments
Siapa yang baru pertama kali baca site audit di moz.com? Kalau jawab, iya berarti kita sama. Menjelang bulan ramadan kemarin dapat share info kelas site audit dari teman blogger. Saya cobalah untuk mengisi formulirnya, sudah sering mendengar bagaimana Mas Irwin mengajar teman blogger lainnya. Aturan kelasnya tegas, kalau harus A, ya A. Tapi setelah masuk kelasnya, asyik aja kok hehe. Malah sering bikin ketawa.

Kelas ini dimulai dengan mencantumkan DA/DR,kemudian semuanya diminta untuk mengcrawl alamat blog di moz.com. Nanti akan saya bagikan bagaimana caranya. Setelah itu akan muncul permasalahan/issue yang ada di blog kita. Bukan bahagia yang didapat, bingung mau mengerjakan yang mana. Hiks.

Kata Mas Irwin, kalau nggak mau pusing gampang kok tinggal hapus blognya saja. Hahaha. Benar-benar bikin ketawa. Memang benar, sih kalau tidak punya blog akan tenang hidup. Kata siapa akan tenang? Kalau masih hidup akan selalu menghadapi persoalan hihi.

Cerita sedikit, ya. Kelas site audit itu berisi 20 orang. Semuanya bukan blogger pemula, sudah lebih senior dari saya. Tapi kita malah saling bantu dalam berbagai hal. Terutama untuk menyelesaikan persoalan blog. Jadi tidak ada yang namanya senior maupun junior. Ternyata tidak semua blogger itu belajar site audit hihi. Jadi banyak teman dong.

Issue yang ada di blog saya itu hanya ratusan, tapi sudah bikin pusing kepala. Nah, teman lainnya sampai ribuan berkali-kali lipat dari saya. Tapi alhamdulillah selama berminggu-minggu alhamdulillah bisa turun. Perjuangan teman-teman sungguh keren sekali.

Cukup, ya ceritanya hihi. Oke saya akan tuliskan langkah-langkah untuk melakukan site audit untuk blog di moz.coa m

Cara Site Audit untuk Blog di Moz.com


Moz.com yang kita gunakan adalah premium. Bukan kita yang punya tapi Mas Irwin hehe. Kita hanya diberi fasilitas untuk bisa mencek kondisi blog lewat moz premium. Cara untuk membuka moz dan mengcrawl alamat blog kita yaitu:

1. Buka pencarian, ketik moz.com

Halaman utama moz.com.

site audit untuk blog

2. Masuk ke Moz.com


Jika belum memiliki akun, sebaiknya buat akun terlebih dahulu. Gunakan email yang aktif dan buat pasword. Setelah itu akun moz sudah bisa digunakan.

log in moz.com


3. Pilih Menu On Demand Crawl

Setelah masuk ke akun moz, maka gulir ke bawah sampai menemukan menu on demand crawl. Klik menu tersebut untuk melakukan langkah selanjutnya. 

on demand crawl moz.com

4. Mulai  Analisis Blog

Ini adalah tampilan setelah mengklik On-Demand Crawl. Masukan alamat blog kita ke dalam root domain. Kemduian klik analysis. Prosesnya sampai ada laporan berhasil tidak tentu, ada yang satu jam, keesokan hari atau beberapa hari kemudian. 

Jika terlalu lama masih on proses, sebaiknya ulangi lagi tahapannya. Analisis lagi blog seperti penjelasan di atas. 


mulai analisis blog



Tampilan jika crawl berhasil. 
Klik view report for www.jurnalviandry.com untuk melihat hasilnya. 

pemberitahuan crawl berhasil

Hasil crawl pertama jurnalviandry.com
Untuk melihat hasil excel bisa klik excel VSC. Untuk melihat detail dari issue yang didapatkan klik diagram batangnnya. 

hasil crwal pertama jurnal viandry

Dari total issue pertama ini, kita diminta untuk membetulkan sampai 50% di akhir bulan ramadan. Permasalan paling banyak untuk jurnal viandry yaitu:

  1. Banyak artikel yang tidak diisi meta deskripsinya. 
  2. Url atau link artikel terlalu panjang.
  3. Judul blog terlalu panjang. 
  4. Meta No Index
  5. Link Eror.
  6. Konten yang sedikit.
Hasil klik diagram batang. Ini adalah hasil dari misisng description.

hasil lebih detail dari moz.com


Hasil akhir untuk turun 50%, hasil ini diperoleh setelah diperbaiki issue yang ada. Meski belum semuanya terselesaikan. Hasil crawl ini adalah yang ketiga. 

hasil akhir crawl jurnal viandry

Alhamdulillah setelah pening kepala, mata yang lelah ada hasilnya. Semoga site audit untuk blog ini bisa memberikan performa yang baik untuk blog jurnal viandry. Tulisan ini sebagai tugas untuk belajar SEO bersama Mas Irwin setelah kelas site audit selesai. Semoga bisa mengikuti dan diterima kembali. Terima kasih Mas Irwin dan teman-teman semuanya. 

Newest Older

Related Posts

8 comments

  1. Keren sekali Teh Nov bisa memperbaiki performa blognya di kelas site audit ini. Sayang sekali kemarin ga bisa ikut kelasnya. Mau belajar sajalah sama teh Nov ya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Mbak Novi untuk sharing artikelnya. Kayaknya lebih mudah di mengerti. Tapi nggak tahu dah praktiknya heuheu.

    ReplyDelete
  3. Solusinya hapus aja blognya ya mba, selesai audit sama moz datanglah ahrefs :D

    Missing description tuh emang peer banget si buatku

    ReplyDelete
  4. Wah, keren bisa site audit. Cara ikut kelasnya bagaimana, Mbak?

    ReplyDelete
  5. duh apalagi ini, site audit... belum kenalan sama yang satu ini. aku baca sekilas gak faham si wkwk, harus sama prakteknya dong inimah wkwk

    ReplyDelete
  6. Pengen ikut kelas site audit juga. Gimana cara ikutnya mba?

    ReplyDelete
  7. waktu kelas mas irwin belum pernah ikutan kelas yang site audit, kelas terakhir kayaknya soal gsc, GA
    menarik juga ini, aku aja belum sempet kepo sendiri soal site audit ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email