Mudah Menemukan 7 Hal yang Membuat Bahagia

23 comments
cara mudah menemukan kebahagiaan
Setiap orang memiliki hal yang membuat bahagia. Kebahagiaan itu bukanlah karena orang lain. Orang akan tenang dan merasa bahagia jika ia sadar untuk memenuhi itu adalah dirinya sendiri. Bahagia bisa muncul karena kita mensyukuri hal-hal yang kita terima.

Cara bersyukurnya adalah dari hal terkecil, agar merasa cukup dalam mengejar maupun menerima apapun. Bukan berarti tidak mau berusaha untuk maju ke depan. Tetap bersyukur atas langkah-langkah yang diambil untuk lebih baik lagi dan lagi.

Kebahagian bukan dicari tapi dirasakan dan diresapi. Jika ada orang yang mencari kebahagiaan maka hidupnya akan menuju kehancuran. Ini yang dituliskan oleh Kembangmanggis dalam kumcernya.

7 Hal yang Membuat Bahagia


Hal yang membahagiakan ini adalah hal-hal yang saya rasakan dengan membandingkan ketika sedang tidak baik-baik saja. Jadi bisa mengulangi hal yang sama untuk merasa bahagia kembali.

1. Menikmati Proses Pencapaian Hidup


Hal yang mengecewakan adalah pencapaian hidup yang tak segera digapai. Kecewa karena tidak bisa sampai pada keberhasilan. Daripada menunggu akan bahagia ketika sudah tercapai lebih baik menikmati proses yang ada.

Untuk menggapai harapan atau keinginan atau cita-cita harus melewati proses. Jika melihat hasil maka kekecewaan dan penantian yang entah kapan akan ditemui.Tidak jelas kapan akan terjadi, lebih baik cintai prosesnya agar kebahagiaan selalu dirasa setiap waktu.

2. Jadwal Harian Padat

kesibukan sehari-hari
Pernah merasakan betapa senggangnya waktu yang akhirnya menjadi bosan. Selanjutnya akan menimbulkan pikiran yang tidak-tidak dan berujung pada depresi.

Diri merasa menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan. Lebih baik memiliki jadwal harian yang padat. Pikiran pun tidak lari kemana-mana dan fokus mengerjakan yang harus dikerjakan.

Jadwal yang padat menyebabkan hidup lebih terarah dan tahu harus melakukan apa. Berbeda dengan tidak ada kegiatan sama sekali. Hidup rasanya tidak penting dan tidak bermanfaat.

Bersyukurlah yang memiliki waktu penuh dengan jadwal-jadwal yang bermanfaat. Jadwal itu tidak perlu yang melakukan hal besar. Cukup kegiatan sederhana yang difokuskan dan konsisten dilakukan. Juga jadwalkan untuk kegiatan yang mendukung capaian cita-cita.

Misalnya jadwal dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kita tahu kapan waktu baca, masak, menulis, buka medsos dan unggah postingan. Jadwal seperti ini saja, kedetailan harian kita.

3. Membatasi Diri Kepo Urusan Orang Lain


Batasan ini bisa membahagiakan diri dan berkesinambungan dengan dua hal di atas. Hidup jadi lebih fokus pada kegiatan yang sudah kita susun. Bayangkan jika teman terlalu memikirkan, apa yang dilakukan oleh orang lain maka teman tidak fokus pada diri.

Boleh kepo asal ke hal-hal yang baik. Misalnya terhadap orang terdekat maka kepolah tentang kabarnya dan perhatian lain yang tidak menggangu orang lain dan diri.

4. Mendapatkan Hadiah


Pernah saya mengikuti sebuah challenge, saya kira tidak ada hadiah yang akan didapatkan. Ikut kegiatannya untuk aktif berkegiatan. Ternyata setelah selesai eventnya dapat mention dapat hadiah.

Ada lagi, penggagas sudah mengumumkan pemenang di semua kategori. Tiba-tiba ada info tambahan pemenang dan saya masuk kategorinya.  Di sini saya merasa senang sekali. Hadiah tidak perlu dilihat dari kecil atau besar. Namanya hadiah adalah berbagi kebahagiaan. Baik berbentuk barang maupun bentuk lainnya.

5. Menemukan Buku yang Asyik Dibaca


Ketika menemukan buku dengan tema yang disukai, itu menyenangkan sekali. Karena bisa menyelesaikannya dengan segera. Atau ceritanya yang seru, biasanya tidak akan berhenti baca kecuali sampai selesai kisahnya.

Biasanya akan dibaca sehari satu buku, kalau temanya enak dibaca. Kalau ceritanya kurang menarik, akan lama sekali bacanya. Ini membuat saya kurang suka hehe.

6. Berhasil Masak Menu Baru

kegiatan di dapur
Masak itu bukanlah kegiatan yang gampang juga tidak susah. Tetapi kalau tidak pas takarannya atau prosesnya salah,  tidak akan berhasil masakannya. Pernah saya mencoba menu masakan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Hanya modal melihat, mendengar dan menonton untuk memasak resep baru.

Dari kegiatan ini saya belajar bahwa untuk berhasil harus melakukannya berkali-kali. Percobaan pertama mungkin gagal tapi di kedua dan seterusnya pasti akan ada hasilnya.

7. Mendengar Kabar Saudara/Teman


Apakah teman tipe orang di tengah-tengah introvert dan extrovret? Jika, iya sepertinya sama dengan saya. Saya suka berjumpa dengan orang baru tapi kadang lebih suka menyendiri.

Saya yang tipe mengobrol sebatas perlunya saja. Dulu saya suka basa basi, tapi sekarang sudah dikurangi hehe. Jadi kalau ada saudara maupun teman kasih kabar itu senang sekali. Atau tiba-tiba menghubungi saya dan bercerita banyak hal. Ini menyenangkan sekali.

Penutup

Nah, bagaimana dengan teman? Apa yang membuatmu merasa senang? Semoga 7 hal yang membuat bahagia menginspirasi teman untuk merasakannya juga. Hidup bukan fokus mencari rasa nyaman dan bahagia tapi menikmatinya dari sekarang saat ini.
Viandri
Hai, saya seorang yang menyukai baca buku. Sedang belajar menulis dan senang berbagi kesan di sekitar.

Related Posts

23 comments

  1. Sepertinya referensi motivasi buat siapa pun yang membaca karena progresif sekali tulisannya

    ReplyDelete
  2. Ketika jadwal harian padat, dan kita bisa menyelesaikan semuanya tepat waktu, wah itu benar-benar kepuasan yang luar biasa mba.

    Dapat hadiah juga momen yang bikin bahagia tuh. Misalnya tadi pagi nih, seorang sahabat dari jauh tiba-tiba minta alamat saya, katanya mau kirim hampers Lebaran. Masya Allah. Rezeki emak soleh. Kekeke.

    Bahagia itu sederhana ya.

    ReplyDelete
  3. Kepuasan banget saat bisa melewati hari dengan produktif. Setuju deh Mbak, yang bisa bikin bahagia itu diri kita sendiri. Aku bersyukur bisa baca artikel ini. Terima kasih.. 😘

    ReplyDelete
  4. Setujuuu..hidup bukan fokus mencari rasa nyaman dan bahagia tapi menikmatinya dari sekarang saat ini. Saya kadang ngeluh jadwal padat, bukan padat beneran mungkin karena ada banyak penundaan jadi numpuk kan...Di sini malah mesti bersyukur karena masih diberi kegiatan daripada bengong tanpa tujuan

    ReplyDelete
  5. Aku tuh bahagia banget kalo dari sekian agenda padat marayap ternyata bisa diselesaikan atau dikompromikan. Biasanya kalo udah terlaksana semua, akupun kasih reward untuk diriku sendiri dengan 'makan enak' hehehe.

    ReplyDelete
  6. Aku malah ngerasa nggak ada waktu senggang mba karena punya baby juga. Waktu terasa kurang hihihi. Saking padatnya dan capeknya bikin aku pengen punya me time. Kangen me time dan me time itu bisa membuatku bahagia

    ReplyDelete
  7. wah inspiratif ceritanya mbak
    betapa kebahagian itu sebenarnya mudah di dapat ya mbak
    seperti dengan cara menikmati semua proses dlm kehidupan

    ReplyDelete
  8. ternyata tergantung sudut pandang ya?

    jadwal harian yang padat, utk beberapa orang mungkin menjengkelkan, tapi bila dilihat dari kacamata positif hasilnya akan membahagiakan

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah nganggur dan merasa depresi. Justru ketika nganggur, aku suka berpikir kegiatan apalagi nih yang bisa dilakukan agar tidak bosan. Memang harus mencari kegiatan agar merasa produktif dan juga bermanfaat paling enggak untuk diri sendiri dan keluarga.

    ReplyDelete
  10. saya setuju dengan poin, gak kepo dengan urusan orang lain itu bisa bikin bahagia. Kurang kerjaan banget kepo urusan orang lain padahal masih banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan

    ReplyDelete
  11. Kalo saya nih kak sebisa mungkin gak kepo dengan kehidupan orang lain, karena semakin kepo dengan urusan orang lain maka otak kita itu akan terbebani dengan masalah orang lain.

    Fokus saja ya kak dengan perioritas hidup sendiri namun tetap bersosialisasi dengan tetangga, masyarakat sekitar dan teman.

    ReplyDelete
  12. Nah bener jangan sok kepo deh sama orang lain, nanti yang ada malah berprasangka ya kak. Lebih baik jalani diri dan perbaiki diri 👍

    ReplyDelete
  13. Membatasi diri kepo urusan orang lain, bener banget ini mbak. Emang bisa bikin bahagia. Soalnya mengurangi masalah kita. Wkwkwkw... mending urusin masalah kita sendiri.

    ReplyDelete
  14. Intinya adalah menikmati hidup. Dan menerima apa yang sudah kita miliki sebagai sesuatu yang terbaik yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

    Seneng baca artikelnya Mbak Viandri. Saling mengingatkan dan menyemangati.

    ReplyDelete
  15. Bahagia itu kalau pas bangun sahur, makanan udah terhidang di meja haha

    ReplyDelete
  16. Setuju banget untuk stop mengurusi kehidupan orang lain agar bisa merasakan lebih bahagia. Saya pun sudah mulai fokus untuk membuat diri lebih bahagia aja.

    ReplyDelete
  17. Eh bener loh, mengurangi kekepoan pada hidup orang lain, siapa pun itu, bikin hati lebih tenang. Fokus aja pada urusan dan perbaikan diri sendiri serta keluarga.Apalagi kepo-kepo nggak penting yang malah bisa bikin insecure dan kurang bersyukur.

    ReplyDelete
  18. Poin 3 dan 4 sedang jadi hal yang membuat saya bahagia. Mendapatkan hadiah dan enggak kepo urusan orang lain :)

    ReplyDelete
  19. Nah.. saya lagi menikmati jadwal harian saya yang padat nih kak.
    Jadinya... Berkurang rasa kepo terhadap urusan orang lain.
    Dan kita jadinya bahagia banget karena waktu kita maksimal untuk produktivitas yang positif.

    ReplyDelete
  20. Mpo pas mau tidur baru berasa dan berkata thanks Allah telah kasih aku kerjaan banyak dan bisa menyelesaikan tepat waktu. Itu pas mau tidur bahagia banget pas bilang begitu.

    ReplyDelete
  21. Sama semua nih caraku menikmati hidup biar bahagia. Cuma, khusus bagian masak-masak, aku nggak terlalu suka masak, jadinya lebih ke: berhasil meng-eksplore skill aja sih. Baik itu skill yang sudah dikuasai sebelumnya maupun belajar skill baru.

    Kaya aku suka make up, seneeeng banget kalo berhasil bikin macam-macam bentuk alis yang bagus sesuai bentuk wajah orang.

    Ini sekarang lagi pengin banget belajar bikin alis serat yang lagi nge hits, tapi belum sempet terus karena masih fokus jaga kesehatan sambil menanti kelahiran dede bayi.

    Mungkin nanti setelah debay lahir, bisa belajar n bersiap-siap untuk job make up bulan syawal.

    ReplyDelete
  22. Bahagia itu benar-benar kita yang tentukan, ya mbak.
    Bukan orang lain.
    Saya hanya senyum sendiri menikmati bunga di taman yang mekar sudah bahagia. Lihat anak tidur dengan pulas dengan wajah damai, itu pun buat saya jadi bahagia.
    Ehh ternyata, bahagia sangat sederhana.

    Thanks for reminder, mbak.

    ReplyDelete
  23. Ya ampun listnya bener-bener relate to me banget dan bener deh bahagia itu kita yang tentukan.. kadang nemu duit di selipan baju aja udah bisa bikin happy sepanjang minggu wkkwkw

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email