Mengenal Diri adalah Pencapaian Tertinggi dalam Hidup Viandri

Post a Comment
pencapaiajn tertinggi dalam hidup

Pencapaian tertinggi hidup saya saat ini adalah mengenal diri sendiri. Setiap perjalanan manusia pasti mengalami pencapaian hidup yang berbeda-beda setiap jangka waktu tertentu. Misalnya ketika masih bayi bisa berguling pun itu suatu pencapaian.

Proses setiap orang untuk bisa mencapai apa yang menurutnya terbaik adalah berbeda-beda. Mungkin di umur masih mudah sangat bahagia dengan pencapaiannya. Akan tetapi di umur sekian terlihat lebih murung dan tidak bergairah dalam menjalani kehidupan.

Nah, saya pernah mengalami tahapan tersebut dan mungkin akan terus berlanjut selama masih diberi nafas untuk hidup. Karena setiap manusia akan selalu berubah-ubah keberhasilannya. Umur 1 tahun dengan 5 tahun keberhasilannya pasti berbeda.

Misalnya umur satu tahun bisa berjalan adalah hasil yang sangat memuaskan. Berbeda dengan umur 5 tahun mungkin sudah lancar membaca buku dengan fasih. Jadi tidak heran kalau ada keberhasilan yang berbeda-beda. Bagaimana dengan cerita saya? Baca tulisan di bawah ini.

Proses Mengenal Diri Sendiri


Rencana dan Hasil Tidak Sesuai


Pernah memiliki rencana yang cukup keren waktu itu. Rasanya sangat menyenangkan jika bisa memiliki. Namun, sayangnya rencana yang saya tuliskan itu tidak sesuai dengan kenyataan. Tidak ada persiapan diri untuk menerima bahwa kegagalan yang akan terjadi.

Saya pun mengambil pelajaran dari kejadian ini bahwa setiap harapan maupun rencana harus membayangkan perasaan ketika gagal dan cara mengatasinya. Memang kegagalan bukan yang diinginkan, tapi siapa yang akan menyangka tentang masa depan? Hanya Tuhanlah yang tahu.

Kemudian sandarkan segala harap hanya kepada pemilik masa depan yaitu Tuhan Sang Pencipta manusia. Jika kita sudah memasrahkan kepada Tuhan, maka kekecewaan akan tidak berlarut lama.

Wajar jika kita tidak berhasil merasa sedih, kecewa dan emosi negatif lainnya. Akan tetapi dengan dua cara di atas itu semua bisa diatasi agar tidak berlebihan merasakannya. Karena yang tidak wajar adalah berlebihan dalam merasakannya. Seperti menjadi orang paling gagal di dunia.

Sadar akan Pencapaian Tertinggi dalam Hidup


Dari kejadian di atas mulailah membenahi diri sendiri. Menyadari apa yang dibutuhkan oleh diri. Hal apa yang diinginkan diri, yang seharusnya dilakukan dan terus mencintai diri sendiri.

Dari mengenal lebih dalam tentang diri akhirnya saya bisa merasakan semangat yang luar biasa. Apakah akan selamanya? Tidak, tetap membenahi setiap hal yang akan menyebabkan kesedihan.

Dengan mengetahui caranya pun sudah memberikan gambaran jika ada hal-hal di luar kendali. Dan kembali lagi harapan bisa menjadikan semangat hidup dengan catatan seperti tulisan di atas.

Prosesnya mudah saja yaitu terus bergerak dan melangkah ke hal-hal yang positif. Maka semesta akan membantu diri ke kerumunan yang bisa memberikan ruh kehidupan yang positif. Terus belajar dan mengarfimasi bahwa apa yang dijalani itulah yang terbaik untuk saat ini.

Terutama adalah menyadari bahwa setiap keberhasilan meskipun kecil tetaplah berhasil. Tetap bersyukur dan mau mengevaluasi diri.

Penutup


Setiap orang memiliki proses mengenal diri sendiri. Jika mengenal orang yang sedang berproses untuk mengenal raga dan jiwanya, maka bantulah dengan memberikan arah hidup yang baik. Waktunya pun berbeda-beda dengan cara yang sama pun akan berbeda.

Pencapaian tertinggi dalam hidup tiap orang berbeda. Maka perlulah menghargainya dan juga tidak perlu membandingkan dengan apa yang seharusnya menurut umum.
Viandri
Hai, saya seorang yang menyukai baca buku. Sedang belajar menulis dan senang berbagi kesan di sekitar.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email