5 Sumber Inspirasi Saat Jenuh Melanda

7 comments
5 sumber inspirasi saat jenuh melanda
Siapa yang suka merasakan bosan dengan aktivitas hariannya? Kalau saya lebih tepatnya akan jenuh jika tidak ada aktivitas apapun. Jika bosan sudah mencapai titik tertinggi maka harus mencari sumber inspirasi saat jenuh. Agar mental dan pikiran tetap waras maka hilangkanlah rasa bosan itu.

Jenuh adalah kondisi di mana diri sudah merasa tidak nyaman, kurang bergairah dan tidak ada keinginan yang kuat untuk melakukan sesuatu. Rasa ini tidak boleh terus menerus hinggap di diri karena bisa menyebabkan depresi.

Setiap orang akan memiliki versinya sendiri dalam melepaskan rasa bosan. Bisa jadi versi yang akan saya tuliskan bisa menjadi sumber inspirasi teman.

Inilah 5 Sumber Inspirasi Saat Jenuh


1. Jalan-jalan


Jalan-jalan bisa mengalihkan pikiran, tubuh dan otak dari kebosanan yang melanda. Tentukan jalan-jalan yang tidak membuat teman kerepotan. Misalnya hanya bermotoran di komplek rumah atau ke jalan raya. Melihat suasana ramai jalan akan memberikan kesegaran mata.

Jika tempat tinggal dekat dengan alam, itu lebih menenangkan pikiran. Alam selalu menyajikan kesejukan tersendiri. Dan ada aura magis yang membuat kita merasa nyaman.

2. Mengunjungi Saudara atau Teman


Mungkin teman butuh tempat untuk berbagi cerita. Bisa jadi dengan mengunjungi saudara maupun teman bisa memberikan energi positif kembali. Jika di sana ada kegiatan yang bisa dibantu itu lebih baik. Jadi diri bisa melepaskan energi bosan dengan kegiatan lainnya.

Selain itu, kegiatan ini menjadikan tali silaturahmi terus terjalin. Ingat juga ketika berkunjung bukan bergosip yang dilakukan. Carilah obrolan yang tidak menggunjing orang lain. Pilihlah orang yang akan dikunjungi yang membuat kita menjadi semangat.

3. Bereksperimen di Dapur


Buat masakan yang tidak pernah dicoba. Carilah resep makanan yang ada di youtube maupun google. Pilih resep yang mudah dan tidak pernah dicoba. Carilah resep minuman, desert atau pudding. Yang segar-segar untuk mengembalikan mood menjadi semangat.

Rasa manis dan segar biasanya akan menstimulasi pikiran menjadi segar juga. Apalagi minuman atau dessert yang dingin. Heem segar yang akan dirasakan.

4. Mengikuti Kelas Online


Kegiatan kelas yang menugaskan untuk melakukan aktivitas akan membuat otak tetap bekerja. Jika kita mengikuti kelas yang akan memberikan hukuman, maka kita akan semangat dalam mengerjakannya. Bagaimanapun akan terpaksa untuk bisa dan selesai.

Setiap menyelesaikan persoalan dalam kelas dan hukuman yang diberikan. Seperti melewati tahapan-tahapan game yang akan naik level. Bukankah seru, jika kita bisa melewati dari level mudah sampai tinggi? Seperti itulah kelas dengan sistem hukuman.

Ada rasa terpuaskan ketika melewati satu tugas ke tugas lainnya. Selain itu kelas ini memberikan ilmu yang bisa kita terapkan sendiri juga ke orang lain.

5. Mengikuti Tantangan Sesuai Hobi


Bulan Ramadan ini banyak tantangan yang berseberan di sosial media. Terutama tantangan di instagram. Dari tantangan membaca buku, bahkan lebih dari satu forum yang mengadakan. Tantangan menulis seperti di BPN Ramadan 2021 yang diakan oleh Blogger Perempuan.

Atau tantangn menulis yang harus melibatkan sosial media menjadi media unggahan tulisan. Carilah tantangan itu sesuai hobi teman. Karena dalam kegiatan ini akan menemukan inspirasi ketika saling komentar, baca tulisan teman, atau interaksi dalam WAG.

Misalnya tulisan, dari satu tema bisa menjadi beratus tulisan yang berbeda-beda dalam tulisannya. Atau membaca akan memberikan info judul buku yang tidak kita ketahui.

Kata guru saya dulu cara mengatasi kejenuhan adalah melakukan hal yang berkebalikannya. Misalnya bosan membaca maka menulis dan sebaliknya. Atau mengalihkan dengan kegiatan lain. Agar otak dan pikiran tidak terpaku satu kegiatan.

Saya sendiri lebih baik banyak aktivitas daripada sedikit. Hal ini tidak akan memberikan ruang bosan datang. Biasanya dari aktivitas ini akan memberikan inspirasi tulisan saya. Seperti kegiatan diskusi kegian online, kelas online itu membuat saya semangat. 

Apapun hal yang membuat teman bosan maka segeralah diatasi. Semoga sumber inspirasi saat jenuh ini bisa menjadi cara untuk melepaskan rasa itu.

Related Posts

7 comments

  1. Yang nomor 3 kalau aku nggak jadi terinspirasi, malah jadi stress wkwkk. Aku sih mlipir aja streamingan nonton drakor, hahaha.

    ReplyDelete
  2. Saya nomor lima banget
    Suka ikut tantangan menulis di sana-sini untuk menghilangkan jenuh dan menantang diri mencari ide menulis even di saat penat sekalipun

    ReplyDelete
  3. Aku paling suka jalan keluar, masak, baca buku, atau nonton film. Dah asik banget deh tuh.

    ReplyDelete
  4. Nomor 1 dan 2 aku banget hahaha
    Bisa random pergi entah kemana sendirian walaupun cuma munter-muter atau ngobrol random gitu sama siapa pun. Kadang dari situ muncul inspirasi sampai aku bilang makasih udah kasih ide sukanya :)

    ReplyDelete
  5. Kalau jenuh? Saya milih tidur....heheheh, kegiatan yang paling menyenangkan karena hemat dan bisa melupakan sejenak

    ReplyDelete
  6. Kalau jenuh, aku biasanya milih bermalas-malasan dan ga ngapa-ngapain seharian mba. Atau nonton drakor yg ceritanya ringan

    ReplyDelete
  7. kalau aku, booster nya itu jalan-jalan, ketawa ketawa nonton running man, dan makan enak 😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email