Mensyukuri Apresiasi dari Dunia Blogger

43 comments
Apresiasi dari dunia blogger

Hai teman semuanya, alhamdulillah bisa menulis lagi tentang dunia blogger dan apresiasinya. Berkecimpung di dunia tulis menulis blog kurang lebih enam bulan. Usia yang sangat muda sekali. Banyak hal baru yang saya ketahui. Bermacam-macam dan masih mempelajari meskipun tidak mudah untuk mencernanya.

Saya pun ada rasa jenuh dan tidak tahu harus menulis apa di blog ini. Sedangkan melihat perkembangan teman-teman semakin lebih maju. Apalagi melihat teman-teman yang sudah lama berkecimpung dalam perblogan mendapatkan banyak penghargaan. Entah menang lomba atau mendapatkan job dari blog.

Saya yang melihatnya rasanya jauh sekali untuk mengejarnya. Apalagi semakin belajar dan mengetahui semakin tidak tahu apa-apa. Masih banyak hal yang perlu dipelajari, konsisten dan siap berpraktik terus menerus.

Kali ini saya akan mensyukuri penghargaan yang saya dapatkan dari blog ini. Meski belum sekeren orang lain, tapi ini memberikan sebuah kebahagiaan bahwa ada yang menikmati tulisan saya. Rasa bersyukur bisa menikmati apresiasi dari hal sederhana.

Apa saja yang saya dapatkan apresiasi dari dunia blogger?


Saya mulai menyadari ada kesukaan dalam menulis. Meski berisi pemikiran-pemikiran yang berkelana di kepala. Namun selalu ingin dituangkan. Biasanya saya tuangkan dalam bentuk obrolan. Sayangnya saya tidak memiliki teman ngobrol yang bisa ngalor ngidul akhirnya saya memilih untuk menulis.

Ada kelegaan ketika menuangkan pikiran kedalam tulisan. Bosan menulis untuk diri sendiri, akhirnya mencoba untuk menyebarkan melalui media sosial kemudian ke blog. Hal apa saja yang saya dapatkan :

bersyukur dan belajar

1. Lolos Tantangan ODOP


Tantangan One Day One Post ini berlangsung hampir tiga bulan. Nonstop nulis setiap hari. Ini adalah penghargaan untuk diri yang bisa bertahan sampai selesai dan lolos. Meski ada bolos dua atau tiga kali, saya lupa. Tapi tetap bisa dibayar agar memenuhi tantangan.


Berlangsung dari awal September 2020 sampai pertengahan November 2020. Kira-kira 70’an lebih artikel yang harus ditulis. Artikel dengan minimal 300 kata. Sampai pada titik jenuh pastinya. Tapi tetap bertahan karena ini adalah kesempatan saya untuk mengetahui passion.

2. Kesempatan Belajar di Blogspedia dan Lolos


Salah satu panitia dari ODOP membuka kelas untuk belajar blog dari basic atau dasar. Terutama menggunakan blogspot. Seharusnya ada 20 orang yang diterima, ternyata dua kali lipat. Katanya tidak tega jika tidak diikutkan. Akhirnya semuanya diangkut. Sampai akhir hanya tersisa 30 an orang. Lumayan masih banyak yang bertahan.

Sejak di coaching sama Mba Marita Ningtyas saya jadi tahu ternyata kita tidak hanya menulis saja. Tapi harus paham tools yang ada di media ini. Ternyata semakin seru saja bergelut di media ini. Selain mendapatkan materi yang super keren ini. Secara dibimbing dari dasar banget.

Saya yang masih awam pun bisa memahami sedikit demi sedikit. Nah waktu pelaksanaannya beririsan dengan ODOP. Jadi tugas di Blogspedia saya satukan dengan ODOP. Akhirnya ada peningkatan jumlah kata. Dari 300 menjadi 800 kata setiap artikel. Ini minimalnya maksimal bebas. Pertama kalinya ngos-ngosan dan buat pusing kepala.

Dari pertengahan Oktober 2020 sampai pertengahan Januari 2021. Tugas terakhir adalah ODOP selama tujuh hari dengan minimal 800 kata. Sungguh kepala saya pusing tujuh keliling, belum lagi harus melihat kaidah SEO Onpage.

Alhamdulillahnya ODOP lolos di sini pun lolos juga.

3. Review Novel sebagai Job Pertama Kali


Ini adalah sebuah rezeki berbentuk uang pertama kali dari jurnal viandri. Berawal dari memenangkan koin baca, kemudian ditawari untuk membuat review novel di jurnal viandri. Rasanya senang sekali. Tidak menyangka akan ada rezeki tak terduga semacam ini.

Saya yakin pada Allah akan banyak rezeki tak terduga karena melakukan hal yang baik. Menulis adalah hal baik, maka saya pun harus berusaha membuat tulisan yang bermanfaat. Minimal untuk diri sendiri.

4.  Apresiasi dari ODOP ICC


ODOP ICC(Indonesian Content Creator) yang diadakan bulan Januari 2021. Satu bulan penuh menulis dengan tema yang berbeda-beda. Ini sebuah tantangan baru. Kegiatan ini beririsan dengan tugas akhir Blogspedia minggu pertama Januari. Kadang sampai dua kali nulis dalam sehari atau saya gabungkan jika temanya sama.

Ide tulisan ini muncul karena mendapatkan penghargaan pemenang harian hari ke 28. Dari hal sederhana inilah saya merasa bersyukur sekali dengan tulisan saya. Tantangan untuk bisa bertahan sungguh berat. Selain tema, tanggung jawab saya mempertahankan untuk menulis minimal 800 kata dan SEO ini berat. Sampai saya pernah bolos beberapa kali.

Akhirnya merekap di akhir bulan sampai enam artikel dalam sehari. Akhirnya saya mematok minimal 500 kata agar tidak menjadi beban diri. Alhamdulillah bisa penuh 30 hari.

5. Belajar Dunia Blogger Bersama OBS


OBS : Odop Blogger Squad adalah lanjutan kelas yang diberikan oleh komunitas One Day One Post. Rentang waktu awal Februari 2021 sampai selesai. Di sini kami diharuskan sudah ber TLD. Jadi kalau masih ada embel-embel bawaan tidak bisa ikut.

Tugasnya adalah tulisan ini, sebagai awalan untuk belajar lagi. Semoga bisa bertahan sampai selesai dan bisa mengerjakan tugas-tugasnya.

Ternyata belajar media ini tidaklah mudah dan sulit. Asalkan mau terus belajar dan berlatih insya Allah terbiasa. Pastinya jangan pernah berhenti untuk belajar. Karena teknologi dan komunikasi terus berkembang. Jadi tidak ada namanya cukup ilmunya. Perubahan pasti terjadi baik disadari maupun tidak disadari.

Bersyukur sekali bisa berturut-turut mendapatkan kesempatan untuk belajar dan berlatih. Semoga bisa semakin handal dan memberikan ilmu pada orang lain.   

Semua kelas maupun coaching yang saya ikuti gratis. Syaratnya hanya komitmen, tidak mudah baper, berkorban (waktu, biaya-kuota-TLD) dan mau belajar sungguh-sungguh. Mendapatkan apresiasi dari dunia blogger salah satu kebahagiaan tersendiri.

Terima kasih sudah berkunjung.
Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

43 comments

  1. Semangaaat belajar terus ya mbak. Terus melesat dan menghebat :)

    ReplyDelete
  2. Uwaaah keren memang kakak satu ini, emang ya kalau punya niat dan kemauan yg kuat apapun yg awalnya mustahil bakal ada hasilnya,

    Nggak nyangka ya bisa aktif di dunia blog begini, dapet temen banyak dan dari blog juga banyak belajarnya

    Semangat terus ya kak, rajin bgt nulisnya huhu panutanku memang ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak aky juga keren sekaliiii

      Benar-benar tidak menyangka dan terus mendapatkan ilmu. Semoga tambah berkah para pengajar dan yang belajar.

      Delete
  3. Alhamdulillah khatamnya itu loh yang patut diacungkan jempol. Untuk memulai itu mudah namun menutup kisah dengan manis yang perjuangan. Tetap semangat menulis yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Ren, semoga bisa manis penutupannya.

      Delete
  4. semangat banget nih si kakak, hihihi. jadi ketularan kan semangatnya!!! aku mah belum sanggup ODOP tapi kayanya mau coba deh, bikin challenge sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Challenge sendiri kayaknya agak berat deh kak, makanya ikut tantangan biar semangat nulis hehe

      Delete
  5. Subhanallah, luar biasa banget bisa menyelesaikan semua tantangan padahal beda-beda. Salut sama keuletan dan komitmenmu mbak.

    Jangan bosan untuk berkarya ya.

    ReplyDelete
  6. Semangatnya keren. Aku pengen ikut ODOP ICC eh telat daftar. ODOP batch 8 kemarin benar-benar menguras otak. Tiap hari harus nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sambil kerja dan sebagai bapak, ya kak. Lumayan banget tantangannya.

      Delete
  7. Terima kasih kak Prima,, siap terus berkarya.

    ReplyDelete
  8. Panutan sekali kakak yang satu ini, semoga menular konsistensi menulisnya kepada saya yang masih moody ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak yo, saya pun kalau tidak ada tantangan moody-an banget hihi

      Delete
  9. Mau dong kak bagi-bagi kelas kalau ada hehe
    Jujur kalau ikut ODOP agak ngos-ngosan dan ODOP ICC kemarin nggak selesai. Kurang 3 tulisan, tapi alhamdulillah bisa dapet penghargaan di tulisan tema lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mbak kurang 3 tulisan. Aku kurang banyak, mandheg di pekan ketiga kayane ,,, wkkw.

      Delete
  10. wah mantap apresiasi nya mbak
    terus semangat ngeblog ya. .
    moga makin sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih kak..
      Semoga istiqomah ngeblog

      Delete
  11. Bergabung dengan Indonesian Social Blogpreneur deh, bakal dapat ilmu yang lebih banyak

    Gak hanya blogging, juga SEO, canva dan bikin tulisan dalam bahasa Inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau gabung kelasnya tapi belum diterima-terima kak hehe

      Delete
  12. MasyaAllah.. keren Mbak, bisa istiqomah. Semangat terus ya.. Semoga OBSnya lulus sampai akhir dan lanjut dengan ODOP-ODOP berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga ada tantangan baru lagi biar aktif.

      Delete
  13. Luar biasaaa,
    Semangatt kakak, semoga odopnya terus berlanjut gk berhenti2 yaa.

    Aku odop ala sendiri aja masih ngos2an. Kayaknya efek gk ada tantangan kali yaa 😂😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak ikut tantangan biar ada paksaan untuk mengerjakan kak.

      Delete
  14. Selamat ya lolos ICC hahahaha yaa Allah, aku nulis buat ICC cuma sekali aja itupun nggak disetor, semangaaat yaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku sampai teler hari terakhir. Banyak banget buat artikel buat nutupin utang.

      Delete
  15. Luar biasa mbak, baca ulasan ini jadi memotivasiku. ODOP ICC kemaren lumayan menguras habis ide nulis sampai akhirnya mandeg di hari ke 17 wkwkwk tepat barengan anak-anak pada sakit bergilir. mungkin next ikutan yang satu minggu satu cerita ya .. biar lebih slow dikit .. nggak ngos ngosan tiap hari wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ikut saja yang bisa membiasakan nulis dan nggak ngos-ngosan hehe

      Delete
  16. MashaAllah. Seneng ya Mbak mendapatkan banyak pengalaman dan mampu meningkatkan skill menulis dari berbagai sumber. Semoga menjadi motivasi yang kuat untuk selalu menulis. BTW, bagaimana bisa bergabung di ODOP?

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ya banyak pengalaman jadinya. Meski pandemi, di rumah saja dengan ngeblog kita bisa tetap jalan jalan dan nambah saldo tabungan...

    ReplyDelete
  18. Dunia blogger sangat menjanjikan. kita dapat menyalurkan hobi, namun bisa berpenghasilan. walaupun di rumah aja tabungan saldo semakin bertambah

    ReplyDelete
  19. Masya Allah kerennn, saya sampai sekarang ga bisa konsisten ikutan one day one post, pasti hanya beberapa hari di awal saja hiks.

    ReplyDelete
  20. Hebat ka viandry ini, semangat terus ka.🌻

    ReplyDelete
  21. Wow... Ternyata kereen banget mbak Novi iniii... Emang bener ya.. kemauan yang kuat sudah pasti banyak jalan tertampil kan... Eh gimana? Maksudnya bisa lancaarrr kalau ada kemauan..ehehehe

    ReplyDelete
  22. semangat mbak, emang bener kalo semakin kita belajar semakin kita sadar kalo kita enggak tau apa apa. Salam dari blogger yang cuma nulis doang wkwkwk

    ReplyDelete
  23. Selamat ngeblog Mbak..terus semangat ya, Insya Allah banyak manfaatnya.
    Enggak cuma nambah pengetahuan, teman, bisa berbagi pada sesama pun bisa menghasilkan cuan. Jadi terus maju ya!!

    ReplyDelete
  24. bahagia banget sih mba memang rasanya kalo kita diapresiasi tuh, apalagi karya kita sebagai blogger ya berupa tulisan hasil pemikiran kita

    ReplyDelete
  25. Keren banget mba bisa lolos odop. Udah banyak pengalaman bloggingnya ya mba. Aku pengen ikut odop juga tapi.masih ragu

    ReplyDelete
  26. semangat semangat semangaaaat!
    keren mbak, aku jadi termotivasi lagi nih, dulu banyak dapat rejeki dari ngblog, insya Allah ikutan lagi jor joran nulis hahahaa

    ReplyDelete
  27. That's a good job mbak. Memang gak ada usaha yang bisa mengkhianati hasil ya mbak. Postingan ini sekaligus jadi motivasi aku juga nih.

    ReplyDelete
  28. wuah congrats yaaaak udah berhasil ODOP
    ODOP itu sesuatu yang rasanya aku susah banget menaklukkannya
    dan bikin 800 kata + konsisten
    aiiih mantaap

    ReplyDelete
  29. Wiiih....yang komen banyak euum, ngeriiii 😅

    Btw, apa kabar dengan bunda yang dari 1 Minggu 1 cerita aja terdepak...uwooow

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email