JurnalViandry

Blogspedia Coaching Batch 1 Belajar Blog dari Nol

Post a Comment
Kelas blog Blogspedia Coaching Batch 1

Dulu aku tak pernah terbayangkan untuk belajar blog. Sebelum masuk kelas blogspedia coaching batch 1, aku adalah orang awam sekali urusan perblogkan. Tahunya hanya posting tulisan saja. Itu pun belum tahu penggunaan menu yang ada di postingan. Utak atik template blogger hanya tahunya mengubah nama blog, font, warna, background. Tidak tahu hal-hal lainnya.

Sejak meniatkan hati untuk berkecimpung di dunia blog. Ternyata Allah memberikan jalan-Nya. Mengikuti kelas menulis yang fokus di media blog akhirnya bisa menemukan informasi kelas tentang blog. Awalnya ragu untuk mengikuti kelasnya. Maklum masih baru banget, takut gagal. Apalagi lihat kuotanya hanya 20 orang.

Kemudian teman mewapri disuruh ikutan. Katanya biar tambah ilmu blognya. Baiklah aku baca-baca syaratnya. Syarat masih baru banget, karena blogku belum TLD(Top Level Domain). Aku pum tak paham sebelumnya apa itu TLD atau domain. Maka aku cobalah untuk mendaftar.

Aku isi form pendaftaran beserta alasannya. Entah kenapa perasaanku bahwa aku pasti bisa masuk kelas ini. karena di dalam alasan mengapa mau mengikuti kelas ini, aku meyakinkan coachnya bahwa inilah salah satu jalanku untuk menemukan passion. Aku pikirkan pula alasan yang bisa mengena di hati coach eaaah.

Aku merasa menemukan oase diketidaktahuanku akan blog. Selain mengisi link blog kita, diharuskan untuk mengisi link sosial media. Okelah facebook dan instagram aku sudah ada. Tinggal twitter yang belum ada. Dari sinilah aku buat twitter demi kepentingan eksis di dunia blog hehehe.

Ilmu Blog di Kelas Blogspedia Coaching Batch 1


Ilmu Kelas Blogspedia

Sudah aku bilang bahwa aku menemukan oase tentang blog. Maka di kelas blogspedia yang dimentori oleh coach Mba Marita Ningtyas ini banyak ilmu yang aku dapatkan. Apa saja ilmu itu, baca tulisan di bawah ini :

  • Adab Seorang Blogger


Materi pertama membuatku kaget, dalam dunia blog pun ada adab yang harus diutamakan. Materi ini tidak hanya kita praktikan dalam hubungan blog. Untuk semua urusan pun bisa kita terapkan. Ternyata kelas ini tidak membuat kita harus segera ahli perbloggan. Tapi belajar adabnya dulu agar hal-hal di depan kita bisa legowo dalam segala urusan.

  • Alasan Ngeblog


Kalau alasannya hanya untuk mendapatkan uang saja itu bisa membuat kita patah semangat jika tidak memiliki job di blog. Maka perlu alasan yang memicu kita tetap ngeblog meski tidak menghasilkan uang. Alasan tersebut sebagai patokan kita berjalan. Bisa juga kita ganti jika sudah terlalu lama. Mungkin kita menemukan alasan lain yang lebih semangat, maka tuliskanlah. Meski alasan untuk mendapatkan uang sah-sah saja.

  • Mengenal Diri


Ada materi tentang kelebihan diri. Bagian ini membuatku kebingungan, apa yang ada pada diriku? Kewalahanlah aku mengerjakannya. Alhamdulillah secara perlahan aku menggali potensi diriku sedikit demi sedikit. 

  • Pengenalan dan Praktik Menu Blog


Kita akan diajarkan menu paling dasar di blog. Dari menu pengaturan, tata letak, postingan, template, pembelian dan pemasangan domain dan masih banyak lagi.

  • Belajar SEO Blog


Salah satu materi yang penting banget agar blog kita ramah di mesin pencari dan orang lain. Belajar SEO ini membuatku melek untuk lebih memperhatikan tulisanku.

Tentunya tidak hanya di atas saja ilmu yang aku dapatkan. Masih banyak ilmu lainnya yang banyak sekali.

Keseruan dan Tantangan Kelas Blogspedia


kelas blogspedia yang menantang

Sudah tahu belum kalau kelas blogspedia ini gratis, tanpa dipungut biaya sepeser pun. Benar-benar gratis tapi ilmunya luar biasa. Kita hanya mengeluarkan biaya pembelian domain saja. Karena itu menjadi alamat rumah blog kita, perlulah untuk menyisihkan uang jajan hehe.

Aku mau ceritakan keseruan di blogspedia. Keseruan yang kita dapatkan, yaitu : 

1. Keseruan Kelas 


  • Coach yang sabar membimbing kita.


Bahkan dengan sabar sekali menjelaskan dari hal terkecil sampai ke lebih luas lagi. Sabar menjawab atau menjelaskan pertanyaan yang sama berkali-kali. Karena sekalinya ada materi dan tugas, kita ketinggalan masuk saja chat sudah ratusan. Kalau tugas sudah ada dan tidak buka-buka chat grup sabarlah untuk manjat.

Coach akan menjawab semua pertanyaan yang kita berikan. Jadi kita tidak dibiarkan kebingungan sendirian loh.

  • Teman-Teman Saling Mendukung


Di kelas ini pesertanya saling membantu jika teman ada kesulitan. Membantu menjawab pertanyaan, menjelaskan atau membantu memikirkannya jika bisa. Kadang coach sedang banyak aktifitas atau belum sempat menjawab. Maka teman lainnya siap membantu yang sudah mengerjakannya atau lebih dulu paham.

Memberikan semangat dan doa jika teman sakit atau keluarganya mengalami musibah. Mereka pun siap mendengarkan curahan hati kita. Misalnya dilanda bingung mau nulis apa, bingung dengan tugas yang tidak sanggup dikerjakan, atau meminta saran karena kondisi sedang kerepotan.

Berbagai cerita dari mantan kekasih, masa lalu, cerita pilu, dan lain sebagainya kita saling berbagi dan menyemangati. Tidak ada yang saling merasa paling baik atau benar. Semua saling belajar. Salah satunya kak Rachma Novita tempat buat curhat tentang blog hehehe.

Dua hal ini yang membuat kelas blogspedia seru untuk diikuti dan disimak obrolan grup. Selain keseruannya ada juga tantanganya. Ini pun tidak kalah seru. Tantangan yang kita hadapi, yaitu:

2. Tantangan Kelas 

  • Tepat Waktu


Tepat waktu adalah hal paling penting yang harus teman persiapkan untuk mengikuti kelas blog ini. Jika tenggat waktu tulisan dari Senin sampai Rabu jam 00.00, ya harus sudah selesai. Tidak boleh melebihi waktu yang ada.

  • Teliti


Dalam postingan kita harus teliti dalam menyimpan hal-hal yang terkait SEO. Dari judul, keyword, penamaan gambar, link dan lain sebagainya. Selain postingan juga, harus teliti tugas. Meski tugasnya disuruh menulis dan memposting tulisan, tapi ada tugas lainnya.

Misalnya harus share ke sosial media, memberikan komentar, saling BW dan lain sebagainya. Pokoknya harus teleti disegala hal.

  • Dikeluarkan dari Kelas


Gratis bukan berarti kita bebas mengerjakan dan semau kita. Tidak teman, dari awal sudah diminta untuk memberikan waktu ekstra dan konsisten. Sebelum memulai kelas saja sudah ada yang dikeluarkan dari grup. Karena tidak masuk ke google clasroom.

Dikeluarkan karena telat mengerjakan tugas-tugas. Sudah mengerjakan tugas tapi kurang teliti. Ada juga yang keluar dengan sendirinya, karena tahu tidak sanggup untuk mengikuti kelas ini.

Jadi jangan santai-santai masuk kelas ini teman. Siapkan mental kalian jika nanti dikeluarkan dalam grup. Sayang banget kalau sampai keluar dari grup.

Cara Mengikuti Kelas Blogspedia


Agar kita bisa mengikuti kelas blogspedia , yaitu : 

Pantengin informasinya di blog coach atau sosial medianya. Blognya yaitu blogspedia.my.id, instagram/twitter/facebook Marita Ningtyas. 

  • Siapkan Banyak Waktu 


Kelas ini bukan untuk mengisi waktu luangmu loh teman. Tapi buatkan banyak waktu untuk fokus di kelas ini. Aku pun terkadang terseok-seok dalam mengikuti kelasnya. 

  • Siapkan Mental Kuat 


Jangan mudah baper, curhat nggak jelas, mengeluh, pokoknya hal-hal yang membuat kita tidak mau mengerjakan tugas hilangkan semua itu. Kalau baper karena diberikan saran atau apapun, ya sudah tidak usah ikut kelas ini.

  • Siapkan Amunisi


Amunisinya pastinya harus punya laptop, kuota, cemilan, makanan sehat, minuman suplemen, kopi untuk begadang. Kurang lebih seperti ini.

  • Selalu Bahagia


Hati dan pikiran bahagia akan memudahkan kita mengikuti kelas ini. perbanyaklah refreshing, ya teman hehe. Meski sekedar jalan di pagi hari.

Cukup sekian cerita tentang kelas blogspedia coaching batch 1, tunggu saja kelas lanjutannya di tahun ini. Semoga tulisan ini memberikan sedikit gambaran kelas blog yang rekomendid banget.
Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email