JurnalViandry

Content Blog Plan Memudahkan Blogger

6 comments
Wah kali ini menyentil banget tugasnya untukku. Aku orang yang tanpa planning jauh-jauh hari. Bahkan H-1 jam untuk melakukan suatu hal. Kali ini dapat materi dari Blogspedia tentang konten blog plan. Hal ini membuatku berpikir atau lebih tepatnya melamun hehehe.

Soalnya selama ini nulis di blog menyesuaikan ide yang muncul di kepala saja. Tiba-tiba harus membuat plan yang membuatku pening. Sepertinya aku sering mendapatkan materi yang buat kebingungan hehehe.

Materi untuk mengubah template blog saja masih ku kerjakan sampai sekarang. Ada saja yang ingin ku ulik dan belum selesai-selesai. Bertambahlah materi planning. Semoga saja bisa aku terapkan nih.

Adakah teman-teman mengerjakan sesuatu tergantung perasaan? Kalau ada yuk sama-sama belajar membuat blog plan.

Apa itu Content Blog Plan ?

Blog plan untuk blogger
Content Blog Plan atau akan ku sebut blog plan biar gampang hehehe adalah perencanaan kita dalam membuat konten blog menyesuaikan dari tujuan ngeblog kita dengan durasi waktu. 

Misalnya blogku ini yang berisi tentang jurnal hidupku, tempat yang aku kunjungi, makanan unik atau khas yang pernah ku santap atau opiniku tentang lingkungan sekitar. Agar semua isi blog selalu up date maka aku perlu plan.

Apa saja yang ada di blog plan?


1. Tentukan Arah Tujuan Pencapaian Blog


Sebelumnya tujuan membuat blog sudah ditentukan. Nah untuk ke depannya perlu agar dunia perblogan kita berkembang. Tidak hanya untuk sarana menulis saja. Apalagi aku yang isinya blog lifestyle atau gado-gado jadi perlu tujuan yang lebih konkret.

Misalnya tujuan pencapaian blog : menang lomba blog, menjadi peluang penghasilan, meningkatnya PA/DA, atau menambah relasi.

Untuk bisa meraih tujuan kita ngeblog ikuti grup-grup blogging. Contohnya blogger perempuan network, ISB, 1Minggu1Cerita dan lain sebagainya.

2. Niche/Label/Kategori Tulisan


Pahami label yang ada di blog kita. Agar kita tahu rencananya tulisan kita seperti apa.

3. Jadwal Memposting Tulisan


Tidak mungkin kan kita terus-menerus update semua label di waktu bersamaan. Misalnya punyaku ada lebih empat label. Aku pun tidak sanggup harus update dalam sehari penuh. Maka perlu ada jadwal memposting tulisan kita dengan label berbeda dalam waktu berbeda juga.

4. Kerangka Tulisan


Setelah kita tahu tujuan, label dan jadwal posting. Mari kita buat kerangka tulisan agar lebih memudahkan dalam mengerjakannya.

Bentuk Blog Plan


Ada tiga macam pembuatan blog plan, yaitu:

  • Blog plan manual, bagi yang suka menulis tangan ini bisa dilakukan.
  • Menggunakan bentukan jadi atau print dari internet. Banyak blog plan yang bisa langsung isi. Banyak blog plan yang sudah jadi bertebaran di internet atau menggunakan yang sudah dicetak. Atau membuat sendiri menggunakan canva.
  • Menggunakan Aplikasi atau Digital. Download aplikasi blog plan dan kita bisa mengisinya lewat gawai saja tanpa pelu dicetak. Jika tak punya aplikasinya bisa menggunakan microsoft excel.

Dari ketiga ini pilihlah yang memudahkan kita. Jangan sampai terlalu sibuk membuat blog plan sampai lupa menulis dan posting.

Jenis blog juga ada 4 macam, yaitu:

  • Blog Plan Tahunan. Buatlah plan tahunan blog kita. Pencapaian besar yang ingin kita capai.
  • Blog Plan Bulanan. Perbulan kita buat tema besar untuk mencapai tujuan dalam satu tahun. Bisa perminggu kita buat temanya atau sama dalam satu bulan.
  • Blog Plan Mingguan. Pada mingguan kita tentukan jadwal posting perlabel tulisan kita. Boleh setiap hari atau tiga kali dalam seminggu. Pastinya minimal seminggu sekali agar blog kita tidak terlalu lama dibiarkan.
  • Blog Plan Harian. Mengerucut harian kita utak atik outline tulisan yang akan diposting pada jadwal mingguan.

Manfaat Blog Plan

Manfaat membuat Blog Plan
Jika kita melangkah dengan rencana maka akan lebih mudah kita berjalan. Berbeda melangkah tanpa perencanaan. Resiko dan gambaran masa depan bisa sedikit diprediksi dengan adanya blog plan.

Aku yang seringnya tanpa perencanaan membuatku menyadari betapa pentingnya perencanaan blog untuk kedepannya. Jangan sampai tujuan blog kita jadi terbengkalai karena kelalaian kita. Sayang banget kan, ide kita yang brilian terbuang sia-sia. Atau banyaknya waktu kita terbuang tanpa ada manfaat.

Manfaatnya membuat blog plan, yaitu :

1. Konsisten


Dengan jadwal yang sudah ada kita bisa konsisten dalam membuat postingan.

2. Persiapan Lebih Matang


Karena kita tahu apa yang harus dilakukan untuk mengaplikasikan rencana kita. Bisa mencari ide-ide dari aktivitas harian kita.

3. Semua Label Update


Tanpa rencana bisa jadi kita hanya update pada label tertentu saja. Karena itu yang paling dikuasai misalnya. Hal ini bisa tertangani dengan adanya perencanaan. Jadi tidak hanya satu label yang update.

4. Hari atau Tanggal Penting Tidak Terlewat


Biasanya dalam setahun ada hari atau tanggal penting. Misalnya tanggal pernikahan, ulang tahun orang spesial atau tanggal pertama kali melakukan apa. Ulang tahun blog misalnya.

Inilah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan.

Aku pun mencoba untuk membuat conten blog selama seminggu dan goal tahun 2021. Ketika untuk memikirkan apa saja yang harus ku tulis, rasanya aku pusing hehehe. Benar-benar belajar perencanaan dari nol banget.

Setelah aku lihat pun banyak label aku yang jarang update. Misalnya Cerpen, Tips dan Hiburan. Jarang banget aku update karena kurangnya perencanaanku dan masa depan untuk label-labet tersebut. 

Goal blog plan viandri
Blog plan viandri

Ini dia blog plan aku selama setahun di 2021. Semoga terlaksana, untuk blog perbulannya akan menyusul. Karena ini membutuhkan waktu yang tidaklah sedikit. Perlu pula untuk mematang ide agar sesuai dengan goal tahuanan.

Berharap sekali agar tahun 2021 aku bisa benar-benar kerja di rumah. Di rumah utak atik tulisannya kalau bahan blog harus jalan-jalan dong hehe. Kita perlu juga bertemu banyak orang dan belajar berbagai hal yang menunjang kebutuhan kita. 

Mari membuat conten blog plan agar kita bertambah sayang dengan rumah online kita. 
Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

6 comments

  1. Cantik bangeeeeeeeeeet buat plannya 😍😍😍
    Sama aku juga seringnya mengadalkan inspirasi yg datang dadakan huhu tapi terbantu bgt sih dengan blog plan ini xD

    ReplyDelete
  2. Waah ditunggu konten selanjutnya mbak, seru blog plannya

    ReplyDelete
  3. Setelah tema bebas nggak ada materi, ternyata menarik content plannya. Jadi penasaran pengen baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dikasih tema
      sekarang kudu menentukan sendiri
      nano2 deh rasanya

      Delete

Post a Comment

Follow by Email