JurnalViandry

Kumpulan Puisi ada nama yang abadi di hati tapi tak bisa dinikahi

12 comments
ada nama yang abadi di hati tapi tak bisa dinikahi

Hai kawan bagaimana kabarnya? Kali ini aku akan mereview buku dengan judul ada nama yang abadi di hati tapi tak bisa dinikahi. Judul bukunya membuatku banyak berdoa dan sholawat, agar tidak terjadi diaku hehehe.

Bukan berarti menakut-nakuti kawan loh. Ini buku isinya tidak seseram judul di sampulnya hihihi. Jadi yuk ah baca selengkapnya biar tidak salah paham.

Rezeki Sebuah Buku


Rezeki sebuah buku dari giveaway kang maman

Eits sebelum mereview ku ingin bercerita dulu nih. Jadi di Bulan November aku tadinya tidak akan membeli buku fisik. Kenyataannya tertarik membeli buku untuk orang lain. Yups bukan buatku. Sengaja sih aku belikan untuk menambah wawasan. Namanya sudah masuk toko buku masa tidak kepincut sama judul-judul yang diharapkan. Akhirnya aku pun membeli satu biji buku juga. Karena aku butuh juga bukunya.

Takdir Tuhan dan memang sudah rezeki mungkin. Dapat kiriman buku yang menambah bacaanku. Membuatku terharu. Semua buku yang ku dapat sesuai dengan kondisiku. Sesuatu hal yang akan aku jalani nanti. Dengan membaca buku-buku kiriman ini memberikan gambaran tentangku nanti.

Salah satunya buku dari giveawaynya Kang Maman Suherman bersama OWOB. Paketan yang kutunggu-tunggu berhari-hari akhirnya sampai juga dari Jakarta ke Mataram. Memakan waktu perjalanan tiga hari lebih. Begitulah rezeki yang tak terduga. Akhirnya bertambahlah koleksi bukuku.

Keramahan Kang Maman Suherman


Kang Maman penulis yang baru-baru ini aku baca karyanya. Hasilnya karyanya tidak menggurui tapi sarat akan makna hidup. Baik pemikirannya maupun sisipan ilmu agamanya. Kelihatannya sederhana tapi bermakna dalam. Beberapa buku yang sudah aku ulas novel RE:, peREmpuan dan buku tentang milenial dalam dunia kerja.

Kang Maman penulis yang suka mengapresiasi pembacanya. Misalnya suka komen dengan ucapan terima kasih. Akun manajemennya suka merestory IGS atau merepost hasil review pembacanya. Bahkan sering mengadakan giveaway.

Itulah sedikit kehangatan Kang Maman yang bisa aku ceritakan. Semoga pula aku bisa mencontoh beliau. Untuk membuat banyak orang melek literasi.

Review ada nama yang abadi di hati tapi tak bisa dinikahi


Itulah judul dari kumpulan puisi Maman Suherman. Judulnya merupakan isi dari salah satu puisi di dalam bukunya. Dari judulnya mengunggah orang lain penasaran. Dengan hard cover, warna campuran biru tua dan hijau tua yang adem dilihat. Isi bukunya penuh warna seperti perjalanan cinta yang tidak hanya merah muda kadang gelap.

Identitas Buku


Judul : Ada Nama yang Abadi di Hati tapi Tak Bisa Dinikahi 
Penulis : Maman Suherman 
Editor : Trian Lesmana, Yayi Dewintya
Ilustrasi Isi dan Sampul : Regedaily 
Penata Isi : Zuni Fitri S.
Penata Sampul : Triya Dwi
Penerbit : PT. Grasindo, Jakarta
Tahun : 2020
Jumlah Halaman : 176 
ISBN : 9786-0205-2404-47
Genre : Puisi 
BU : 15+

Baru terbit di tahun ini, sungguh rezeki yang tak terduga dari Allah. Menurut penggemar Kang Maman, beliau adalah penulis yang beruntung di masa pandemi ini masih aktif menerbitkan bahkan ada yang cetak ulang. Semoga selalu menerbitkan karya setiap tahunnya.

Isi Buku


Kumpulan puisi ini terdiri dari 6 bab dengan 3 bab utama.

Prolog


Biasanya kalau dibuku genre lainnya ada kata pengantar baik dari penerbit atau dari penulis. Di kumpulan puisi ini tidak ada. Diisi dengan prolog puisi dari Kang Maman. Berisi puisi nasihat dari ibunya untuk mencari pasangan hidup yang tidak menistakan diri.

Nasihat seorang ibu kepada anaknya yang akan pergi merantau ke ibukota yang katanya lebih kejam dari ibu tiri. Kang Maman orang yang selalu memegang teguh prinsip dari kedua orangtuanya. Makanya tidak heran kalau setiap karyanya ada pesan-pesan yang diselipkan oleh orangtuanya.

Di prolog ini hanya terdiri satu puisi.

Bab 1 Cinta adalah Jawabannya


Bab 1 Cinta adalah Jawabannya

Bab cinta adalah jawabannya ditulis 42 halaman. Tidak hanya puisi yang dihadirkan, warna warni kertas dan desain yang ciamik menambah puitisnya puisi.

Makna-makna puisinya tidak hanya keindahan cinta saja. Ada akibat jika ada rasa cinta di dalam hati. Baik itu yang mengenakan ataupun yang berbunga-bunga. Bahkan puisinya pun ada yang sederhana tapi gombalnya minta ampun. Menurutku sih hehehe

“Kusuka ngemil
Lebih suka lagi ngemilikin (kamu).”
“Kalau sudah bucin
Tololnya sampai ke DNA, Cyn.”

Lucu tapi gombal hehehe. Siapa yang tidak senang digombalin seperti ini? Tidak hanya kasih sayang untuk kekasih tapi kasih untuk Tuhan.

Cinta yang diridhaiNya
Tumbuh menjadi ibadah
Cinta yang tak diridhaiNya
Bertunas menjadi musibah

Itulah beberapa bait puisi yang ingin ku berikan bagi kawan. Masih banyak puisi bernasihatkan cinta di dalamnya.

Bab 2 Problema Cinta


“Jika menangis sangat melelahkan
Untuk apa jatuh cinta?”

Puisi pertama yang dihadirkan pada bab problema cinta. Sudah diperingatkan jika jatuh cinta akibatnya hehehe. Puisi yang dihadirkan ada 27 halaman. Masih sama desainnya yang colorfull dan penuh makna ilustrasinya.

Aku kutipkan satu puisi dipermasalahan cinta :

Hati-hati
Jangan pernah simpan seseorang di dalam hati.
Terbolak-balik kerap kali,
Demikianlah kodrat hati.
Simpan ia di dalam doa
Karena doa tercatat dilangit.
Selamanya.

Bab 3 Kandas dan Terhempas


Kandas dan terhempas


Bisa dilihat pada gambar isi dari puisi bab 3. Bait pusinya seperti ini :

"Sebelum putuskan pergi
Ingatkan aku cara cepat melupakan."

Berisi 36 halaman yang dihadirkan. Puisi-puisi yang berisikan cinta yang tidak sampai, tidak bisa bersatu, atau kekasih yang menyakitkan dan masih banyak lagi.  Tidak lupa untuk berserah diri padaNya agar tidak jatuh terlalu dalam dikandasnya cinta. 

Kubangga-banggakan pacarku
Ujungnya: putus, nangis aku. 

Itulah sepenggal bait puisi patah hati. 

Epilog


Hanya dua halaman yang semuanya berisi puisi panjang.

Bab 4 Lampiran Cinta


Lampiran cinta

35 halaman berisi lampiran cinta yang dituliskan Kang Maman. Berisi petuah-petuah yang pernah didapatkannya. Pengertian akan cinta, penjabaran cinta dan pemahaman cinta yang berusaha baik-baik saja dari berbagai keadaan.

Jika memulainya dengan baik maka berpisahnya pun harus baik-baik. Pada lampiran ini tidak ada warna warni seperti pada bab-bab sebelumnya. Ditulis di atas kertas putih tulang polos dengan ketebalan tinta hitam.

Kutipan dari lampiran cinta :

Kemenangan adalah milik orang yang berjuang.
Kekalahan adalah cara Tuhan menguji kita untuk tetap berdoa dan tak berhenti berjuang.

Halaman terakhir berisi tentang profil penulis.

Kelebihan dan Kekurangan Buku


Menurutku tidak ada kekurangan dalam buku ini. Puisinya mudah dipahami bagi orang yang awam dengan kata-kata bermajas. Seperti aku yang tidak terlalu paham dengan isi puisi. Tapi membaca kumpulan puisi ini memberikan nasihat-nasihat yang tidak menggurui.

Mungkin hanya satu kekurangan, kalau pun itu bisa disebut kekurangan. Harga yang dibanderol lumayan hehe. Meski begitu kandungan gizi dari puisinya mungkin bisa lebih dari harga bukunya. Jadi tidak rugi jika kita membeli bukunya.

Bacalah kawan untukmu yang sedang jatuh cinta, patah hati, ditinggalkan, berharap akan cinta. Rasakan kehadiran kumpulan puisi ada nama yang abadi di hati tapi tak bisa dinikahi sebagai teman yang menjawab kegundahan hati kawan.
Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

12 comments

  1. Judul bukunya sangat mengundang sekali untuk di baca, bener-bener penasaran dibuatnya apalagi setelah membaca review ini. Daebak

    ReplyDelete
  2. Aku jarang suka baca buku puisi mba, suka gak paham maknanya. Tapi senengnya kalau baca buku ini lebih cepet hehe
    Mungkin kapan-kapan bisa masuk list buku yang harus dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak,,,
      aku pun tak begitu mengerti puisi
      tapi di kumpulan puisi ini bisa kita pahami

      Delete
  3. Wesss mantap bener nii judulnya 😍
    Agak² gimana² gitu, kereeen euyyy..
    Aku paling susah kl disuru review buku puisi, bingung nulisnya.
    Tp mba Novi keren niih review nya 👍👍 ngeracun bangett

    ReplyDelete
  4. Ini kang Maman Suherman yang penulis senior itu kan yah?

    ReplyDelete
  5. Iih, beneran baca judulnya aja udah bikin penasaran. Baca reviewnya bikin bucin, makin penasaran.

    ReplyDelete
  6. Kalau lihat penerbitnya yang mayor, wajar memang jika harganya lumayan.
    coba cari ah...

    Keren nih reviewnya mbak Novia, barakallah

    ReplyDelete
  7. Uuh covernya bikin speechless lho.
    Sekilas inget mantan ehe.
    Tapi puisi2ny emang keren keren n

    ReplyDelete
  8. Lha bukunya bikin baper deh. Andai aku belum menikah dan baca buku ini, pasti baper abis.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email