Tips Branding Media Sosial

6 comments
jurnal


Siapa yang mau media sosialnya nggak buat curhat aja? Yuk gunakan tips branding media sosial agar curhatmu lebih bermanfaat. Masih dalam lanjutan seminar lanjutan Growthing id., kali ini materi disampaikan oleh coach Ilham Sadli, beliau ahlinya branding media sosial twitter. Kalau aku? Masih belajar pastinya hehehe 

Materi yang sudah aku tulis tentang pageview oleh Kak Rini dan dari materinya Mba Marita tentang adab blogger. Materi adab blogger juga bisa kita terapkan cara beradab di media sosial.

Baiklah kawan, lanjut saja ke materi tips branding di media sosial. Sebelumnya pilih dulu media yang akan kita prioritaskan dalam membangung branding. Jika memang sanggup lebih dari satu, ya tidak apa-apa. Kalau aku sendiri masih fokus ke instagram.

Media sosial memang memberikan dampak yang baik dan buruk, namun dengan kondisi masih pandemi. Media sosial banyak memberikan manfaat yang sangat berarti. Tak terkecuali untuk para blogger.

Manfaat Media Sosial


1. Menjaga Silahturahmi


Dengan diberlakukannya untuk mengurangi pertemuan, dengan media sosial kita bisa tetap menjaga silahturahmi. Atau bagi yang berbeda waktu dan jarak bisa saling berkabar dengan media sosial. Mendekatkan yang jauh.

2. Memperbanyak Koneksi


Salah satu manfaat bermedia sosial adalah menambah koneksi. Baik sebagai pertemanan, rekan kerja atau tempat belajar. Dari media sosial banyak sekali nformasi yang bisa membawa kita berjumpa dengan banyak orang.

Salah satunya aku bisa belajar tentang blogger gara-gara media sosial. Belajar di seminar ini juga karena media sosial. Jadi sangat bermanfaat kan.


3. Branding


Branding untuk media sosial, saat ini banyak sekali orang-orang memanfaatkan media sosial untuk mencirikan dirinya. Dengan berbagai potensi diri yang ingin diperlihatkan kepada dunia. Dengan branding pula bisa mendapatkan job.

4. Media Promosi Blog


Sebagai seorang blogger pastinya tidak ingin blog kita hanya dinikmati sendiri. Pastinya ingin dikenal lebih luas. Maka antara blog dan akun media sosial kita harus berkesinambungan. Akan susah jika akunnya tidak berkesinambungan.


5 Tips Branding Media Sosial

tips branding media sosial


Sebagai blogger, media sosial sangat diperlukan dan tidak bisa dipisahkan. Apalagi kita dari orang-orang yang bukan terkenal banget, perlulah kita untuk membangun branding media sosial kita. Dengan cara:

1. Tentukan Audiance


Tentukan target orang-orang yang akan menjadi teman online kita atau orang-orang yang akan mengunjungi media sosial kita. Kita bisa menentukan dari kebiasaan, usia, pendidikan, gaya hidup, jenis kelamin, hingga hobinya.

2. Mau Dikenal Sebagai Siapa?


Ini penting banget agar orang teringat kita sebagai apa? Misalnya aku yang ingin dikenal sebagai blogger dan hobi baca buku.

3. Apa Bedanya Dengan Akun Lain?


Bedakan akun kita dengan orang lain yang memiliki branding sama. Misalnya dari infografis kita, cara bercerita kita atau dari foto-foto yang kita share di media sosial.

4. Tentukan Arah Akunnya


Tentukan bagaimana kita menyapa teman-teman online kita. Bagaimana gaya bahsa dan kosa kata yang kita gunakan ditulisan media sosial kita.


5. Konsisten


Katanya mau dikenal sebagai blogger atau hobi baca buku tapi jarang banget update postingan. Iya, nggak akan orang tahulah tentang kita. Jangan lupa konsisten untuk menyapa dan menjawab komentar teman online kita.


Tentukan hal dibawah ini untuk branding di media sosial


1. Tujuan


Tentukan tujuan kita bermedia sosial. Apakah berisi hiburan, inspirasi, informasi, edukasi, interaksi atau yang lainnya.

2. Karakter


Menentukan karakter kita di media sosial agar orang mengenal kita sebagai orang yang lucu, menyenangkan, berwibawa, supel atau yang lainnya.


3. Bahasa


Penggunakan bahasa juga berpengaruh terhadap branding media sosial kita. Misalnya yang dituju adalah anak muda tidak cocok menggunakan bahasa yang baku. Maka tentukanlah bahasa yang akan kita gunakan misalnya sederhana, santai, bercanda, baku, formal, kompleks atau yang lainnya.

4. Gaya bicara


Tentukan gaya bicara yang bagaimana untuk media sosial kita. Misalnya sopan, rendah hati, muda, blak-blakan, dewasa dan lain sebagainya.

Jadi tentukan mau seperti apa kita di media sosial dan lakukanlah secara konsisten.

Apa saja yang mempengaruhi optimalnya media sosial kita?

mengoptimalkan media sosial


1. Konten


Konten selalu menjadi nomor satu dimanapun berada. Meski infografis yang kita gunakan sangat menarik jika konten kurang bagus tidak akan berpengaruh. Buatlah konten yang kita kuasai, menarik untuk orang lain dan tidak membajak.

2. Konsisten


Konsisten dalam memposting konten kita. Jika sering memposting maka traffic juga akan naik.

3. Timing


Kita memang harus konsisten dalam memposting konten. Jika kita tidak bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk posting. Sama saja kita hanya asal saja. Misalnya teman online kita sering menggunakan media sosial di jam waktu siang. Kita postingnya juga di jam itu.

4. Audiance yang tepat sasaran


Kenali siapa target media sosial kita. Jangan sampai kita salah sasaran.

5. Ikuti tren


Mengikuti yang tren akan mudah menaikan traffic media sosial kita, tapi kita harus memilih dan memilah yang bermanfaat. Jangan apa saja kita ikuti. Jika kita mau memposting yang sedang tren, harus sering update informasi dan jangan menunda. Namanya hal yang tren itu hanya sesaat, besok sudah menjadi basi.

Bagaimana kawan, banyak kan hal yang perlu kita lakukan? Tenang, lakukanlah secara perlahan dan buatlah rencana membangun media sosial kita. Aku pun masih belajar untuk branding media sosialku.

Ingat juga kawan media sosial bukanlah satu-satunya parameter keberhasilan kita. Jadi jangan sampai mendewakan media sosial. Meski kita aktif di dunia online seimbangkan dengan dunia offline kita. Karena sekeren-kerennya kita di dunia online minimal sama dengan dunia nyata. Jangan sampai di dunia online kita ramah dengan follower tapi di dunia nyata kita cuek dengan keadaan sekitar.

Semoga tips branding media sosial ini bermanfaat untuk kawan semua.
Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

6 comments

  1. Optimasi SosMed emang jadi PR banget sejak dulu, karena aku nggak seberisik kayak dulu yg dikit dikit update kwokwok semangat kak huhu jadi nambah insight baru baca ulasan kak Novia ini

    ReplyDelete
  2. saya agak sudah di poin mengikuti tren. harus banyak belajar lagi kita nih. banyak PR-nya

    ReplyDelete
  3. Apalagi aku pak Regen
    Duh ngikuti tren capek hehhee

    ReplyDelete
  4. Optimalisasi sosmed sangat penting, terutama untuk mendulang page view juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email