JurnalViandry

Janji Manis Perusahaan pada Karyawan Baru

Post a Comment
Janji manis perusahan pada karyawan baru


Ini cerita teman-teman aku yang kerja di lapangan. Jadi banyak janji manis perusahaan pada karyawan baru yang sungguh enak ditelinga dan dilidah bosnya. Sering terjadi pada perusahaan swasta baik yang baru merintis atau sudah lama. Membuat semangat kerja para karyawan menggebu-gebu. Seperti dibawa ke atas angin, sudah membayangkan akan mendapat ini itu.

Bayangan pekerjaan yang menyenangkan sudah di depan mata. Hasil kerja yang akan ditujukan pun sudah diangan-angan. Harapan memberikan angin segar untuk perubahan kehidupan. Tapi begitulah manusia hanya ucapan manis di lidah. Kenyataan hanya Tuhan dan staf barulah yang tahu.

Janji Manis Perusahaan


Pulang Tepat Waktu


Ini janji tidak hanya bagi mereka yang kerja di lapangan. Orang kantor pun sering dapat waktu pulang yang tidak tepat waktu. Alias ngaret banget. Kadang pula harus menunggu atasannya pulang duluan, baru deh stafnya baru bisa pulang. Ada rasa tidak enak jika pulang duluan. Atau senior belum pulang. Sebagai staf baru pastinya menanti mereka pulang duluan.

Hari Libur


Memang benar sih hari libur tetap libur. Tapi suka diganggu dengan kegiatan yang bukan kerjaan oleh perusahaan. Misalnya acara makan-makan, training atau sekedar acara kantoran yang melelahkan pikiran dan badan.

Jam Masuk Kantor


Bilangnya jam 08.30 misalnya, kenyataanya jam 08.00 harus sudah datang. Katanya buat briefing atau persiapan apapun sebelum mulai bekerja.

Bonus


Siapa yang nggak mau dapat bonus? Bonus karena kita berprestasi dalam bekerja. Janjinya begitu indah di awal perekrutan. Kenyataanya belum tentu seperti janji. Banyak alasan untuk menunda atau tidak sesuai dengan harapan dulu.

Uang Makan/Transport


Karena tidak disatukan saat gajian bulanan, diberikan terpisah. Seringkali tidak sesuai dengan janji awal. Misal sering ditunda, dikurang karena berbagai alasan, atau kelupan dan lain sebagainya.

Janji manis ini tidak semua perusahaan hanya memberikan janji manisnya saja. Masih ada perusahaan yang memberikan sesuai dengan janjinya. Baiknya sebelum menerima pekerjaan harus diminta penjelasan yang detail agar ke depannya bisa meminta sesuai dengan janji awal.

Kejelasan di awal akan membantu kita dalam melakukan pekerjaan. Semoga kita tidak sampai dapat janji manis di lidah semuanya. Memang ada beberapa hal kadang tak bisa kita hindari. Karena berbagai hal menjadi penyebabnya. Semoga tidak mendapatkan perusahaan menyebalkan dan rekan kerja bermuka dua.

Sekurang baiknya perusahaan tempat kita kerja, jika sudah tidak bekerja disitu jangan sampai kita menjelekan-jelekan sekali di luar sana. Atau balas dendam yang tidak berarti. Lebih baik jadikan sebuah pembejalaran dan bergerak ke tempat yang lebih baik. Janji manis perusahaan memang tidak bisa dihindarkan karena ini sebagai salah satu cara untuk menarik staf baru.


Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email