Covid : Produktif di Media Sosial

4 comments
Produktif di Media Sosial di masa pandemi.


Covid yang melanda negeri ini sejak Februari 2020 menyebabkan semua aktifitas lumpuh, hal inilah membuatku produktif di media sosial.

Produktif di media sosial inilah caraku untuk menghadapi pandemi covid. Pandemi yang mulai melanda negeri ini sejak Februari sampai sekaranga November. Seumpama bayi dalam kandungan sudah hampir satu bulan hidup di muka bumi ini.

Berbagai macam pencegahan, dari menjaga protokol kesehatan, social distanding, PSBB di kota besar sampai penutupan transportasi. Penutupan transportasi ini berdampak pada tempat kerjaku. Sebagai pekerja travel, wisata adalah sumber penghasilan utama.

Aku tidak akan menceritakan dampaknya lebih lanjut, karena aku sudah berusaha berdamai dengan keadaan. Jadi akan aku jelaskan bagaiman cara agar tetap waras dikeadaan seperti ini. Yang entah kapan benar-benar keadaan menjad normal tanpa ada rasa takut untuk melakukan pertemuan.

Produktif di Media Sosial


Dunia online menjadi satu-satunya orang bisa berinteraksi secara bebas. Mendekatkan yang jauh, memotong waktu dan cepat untuk komunikasi. Termasuk aku sebagai anak rantau. Dunia online sangat membantuku untuk tetap bahagia dan beraktifitas.

Awal-awal pandemi memang banyak orang yang stres, cemas berlebihan dan muak dengan berita yang itu-itu saja. Namun hal ini tidak membuat manusia hanya diam menerima takdirnya. Dengan dunia online berbagai inovasi dilakukan agar pergerakan kehidupan terus berjalan.

Di sini aku akan menceritakan kegiatan online yang bermanfaat yang pernah dan sedang dilakukan kebanyakan orang.


1. Berkomunitas Online Sesuai Dengan Passion


Kegiatan ini akan memicu diri terus memikirkan bagaimana aktifitas komunitas online yang terstruktur. Salah satunya aku mengikuti komunitas membaca. Dengan adanya tantangan dan akibat jika tidak ada presensi maka dikeluarkan jadi member.

2. Menambah Pertemanan Online


Dengan adanya komunitas kita akan bertambahnya teman. Jangan lupa untuk memilih teman yang saling memberikan info-info positif. Jangan lupa gunakan adab dalam berkomunikasi daring.

3. Mengembangkan Skill Melalui Webiner Atau Kelas Online


Ada berbagai macam webiner atau kelas onlin baik gratis maupun berbayar yang bisa kita manfaatkan. Tema webiner yang disajikan pun banyak pilihan. Aku pun selain webiner literasi, pendidikan, pranikah, keuangan, psikologi dan lain sebagainya.

Ada kelas online gratis dan berbayar. Pengalaman dari yang berbayar, tidak pernah sampai membuatku menjadi semangat belajarnya. Sedangkan kelas gratis malah memberikan dampak positif bagiku. Tapi tidak semuanya ini hanya pengalaman pribadi.

Jadi kawan carilah kelas atau webiner yang akan memberikan dampak postif pada kemajuan potensimu.

4. Ikuti Tantangan


Banyak tantangan dari baca buku, pola makan sehat sampai olahraga sederhana. Tantangan ini semua agar membiasakan diri memiliki kegiatan yang bermanfaat dimulai dari hal sederhana.

Jadi jangan memandang remeh perubahan yang dilakukan dari hal senderhana yang konsisten sampai menjadi habit. Dan berpengaruh pada kegiatan lainnya.

5. Mulai Membranding Media Sosial


Gunakan waktu yang sangat banyak ini dengan membranding media sosial kita. Hal ini bisa menambah portofolio kita. Daripada scrolling tidak jelas di medos lebih baik digunakan untuk posting hal positif.

Keluarkan potensi atau hobi yang terpendam menjadi branding diri. Dengan cara belajar dan berlatih. Proses dan hasilnya bisa diposting di medsos. Siapa tahu ini kana menginspirasi teman onlinemu.

Misalnya jika dulu tidak pernah ada waktu untuk memasak. Dari diam di rumah bisa mengembangkan bakatnya dan hasilnya bisa di upload di medsos. Bisa memberikan tips dan trik memasak.

6. Manfaatkan media sosial untuk hal-hal positif


Kurangi postingan yang isinya keluhan, sindiran, atau hal berisi ujaran yang menyinggung orang lain. Meski belum bisa bermanfaat sampai berdampak seseorang menjadi lebih baik. Gunakanlah medsos untuk menghibur orang lain. setidaknya orang melihat postingan kita menjadi tersenyum.

Karena banyak yang viral tapi tidak mendidik, gunakan hiburan yang positif.

Jangan sampai kita tidak ada perubahan sama sekali dari awal pandemi sampai sekarang. Walaupun perubahan itu tidak berdampak luar biasa bagi orang lain. setidaknya berdampak ke kita menjadi lebih baik.

Mari gunakan waktu yang banyak ini untuk produktif di media sosial. Berbagailah dengan orang lain meski hanya senyuman yang didapat. Manusia tidak dibiarkan Tuhan hanya diam menghadapi takdir, tapi diberi cara untuk bertahan dan beradaptasi. Yaitu menggunakan akal dan doa. Tebarkanlah benih kebaikan di mana pun kita berada.

#OneDayOnePost #TantanganPekan9 #ODOPBatch8
sumber 
https://www.kompasiana.com/syahrul2690/5d8648f7097f365548669b54/4-jurus-jitu-menjadi-produktif-dengan-sosial-media?page=2

Related Posts

4 comments

  1. Bener ya mbak serba online begini tu memudahkkan banget untuk bisa mencari sebanyak-banyaknya ilmu, apalagi pandemi sekarang ini yg emang jadi berkurang aktivitas diluar rumah selain kerja. Harusnya lebih bijak biar semakin berkah waktunya. Baarakallah mbak artikelnya bikin aku jadi autrokritik diri sendiri

    ReplyDelete
  2. Itu aku lakukan karena sering scrolling ig terus nemu caption yang menggelitik tentang waktu. 😀

    Dari aktifitas satu, menyambung aktifitas lainnya..begitulah kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email