7 Tips Konsisten Membaca Buku Seminggu Satu Buku

17 comments
Tips agar konsisten baca buku


Rajin membaca buku bagi kebanyakan orang tidaklah mudah. Untuk itu perlu adanya tips konsisten membaca untuk menghalau berbagai alasan  tidak membaca. Kecuali karena tuntutan sekolah atau pekerjaan baru akan mau membaca. Padahal membaca tidak hanya karena tuntutan. Kegiatan membaca bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan bagi yang hobi saja.

Sebelum aku berbagi tips agar konsisten membaca. Mari kita mencoba untuk mengerti apa itu membaca. Agar pemahaman membaca semakin menguatkan kita untuk konsisten. Apalagi dengan tahu manfaat membaca.

Pengertian Membaca


Pengertian membaca untuk memberi ruh dalam membaca


Pengertian membaca menurut Tarigan adalah proses untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media bahasa tulis. (1984: 7)

Sedangkan menurut Nurhadi (2008) membaca adalah proses yang sangat kompleks dan melibatkan banyak faktor. Misalnya, melibatkan faktor internal dan faktor eksternal si pembaca itu sendiri. (2008: 13)

Faktor internal bisa dari minat, motivasi, bakat dan tujuan membaca. Faktor eksternal bisa dari keuangan, lingkungan dan informasi. Dari kedua ini saling berkaitan untuk mempengaruhi kegiatan membaca.

Salah satu faktor dari internal adalah motivasi membaca. Nah untuk memberikan motivasi yang kuat maka aku akan jelaskan tentang manfaat membaca.

3 Manfaat Membaca


3 Manfaat membaca buku secara konsisten


Tulisan manfaat ini pengalaman aku membangun semangat baca sejak setahun terakhir. Banyak hal yang aku dapatkan dari rajin membaca. Tidak hanya untuk diriku sendiri tapi bagi orang lain juga. Manfaatnya sebagai berikut:

1. Membaca Menambah Wawasan


Membaca baik yang fiksi maupun nonfiksi akan memberikan wawasan yang sangat luas. Misalnya saja ketika aku membaca novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala, banyak sejarah rokok kretek, emansipasi perempuan yang mudah dipahami. Melalui novel pula orang tidak bosan untuk membaca.

Misalnya sekuel novel RE: karya Maman Suherman yang berisi tentang kehidupan sebagai PSK di Jakarta. Dan masih banyak lagi buku-buku yang memberikan wawasan pikiran.

2. Membaca Menambah Pertemanan


Membaca sekarang tidak hanya dinikmati bagi mereka yang kutu buku saja. Bukan mereka yang hanya diam di sudut kamar saja. Tapi sudah banyak pembaca yang aktif di media sosial. Jika kamu orang yang sedikit teman di kehidupan nyata. Dengan saling share info di media sosial akan menemukan teman-teman yang sehobi.

Bahkan bisa bergabung berbagai komunitas membaca secara online. Jadi teman kamu tidak hanya satu daerah saja, tapi seluruh Indonesia. Dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Membaca membawaku ke berbagai macam jenis literasi dan medianya. Salah satunya belajar mengenai blogging yang diadakan oleh Blogspedia Coaching.

3. Membaca untuk Belajar Menulis


Aku mulai rajin menulis meski dalam bentuk ulasan karena membaca buku. Aku sering memposting di akun media sosialku. Apalagi aku tambahkan sudut pandangku terhadap bacaanku. Dari membaca aku menemukan komunitas menulis yang sangat rekomendid untuk diikuti. 

Sekian manfaat baca yang kurasakan. Agar teman-teman juga merasakannya marilah kita coba kiat-kiat yang aku lakukan pula dalam setahun terakhir. Ini yang pernah aku lakukan agar konsisten.

7 Tips Konsisten Membaca


7 Tips konsisten membaca buku minimal seminggu satu buku

1. Sediakan Buku Fisik atau Ebook


Sediakan di rumah kita buku. Simpanlah buku di tempat-tempat terjangkau untuk di baca. Misalnya di meja depan teve, di ruang tamu, di samping tempat tidur. Selain untuk mudah dijangkau juga mengingatkan kita untuk membaca.

Jika tidak punya buku fisik maka bacalah ebook. Kita bisa mendapatkan buku versi digital melalui app perpus atau membeli di app penyedia ebook. Bisa juga saling baca bersama di gramedia digital.

2. Galilah Tujuan Membaca


Carilah tujuan kita membaca itu untuk apa. Dengan tujuan yang jelas maka kita akan mudah untuk konsisten. Misalnya untuk mengisi waktu luang, untuk mencari referensi tulisan atau untuk mempelajari sesuatu dan masih banyak sekali tujuan membaca.

Setiap orang memiliki tujuan berbeda-beda maka carilah yang memang kita harapkan. Kalau hanya ikut-ikutan tanpa adanya tujuan bisa jadi ambyar ke depannya.

3. Targetkan 15 Menit Sehari


Meluangkan waktu untuk membaca minimal 15 menit setiap hari akan memberikan dampak yang tidak terduga jika konsisten. Tanpa kita sadari waktu membaca akan bertambah dengan sendirinya. Dengan jadwal yang ditulis akan membantu kita waktu membaca.

Selain menentukan waktu. Kita juga bisa menentukan perlembar atau bab dalam sekali baca. Misalnya dalam sehari minimal 3 lembar halaman atau minimal satu bab bacaan. Ini membantu kita untuk tidak dinanti-nanti dalam membaca.

4. Bergabunglah dengan Komunitas Baca


Bersama orang-orang yang suka membaca akan memberikan semangat kita menggebu. Apalagi kalau komunitasnya ada sistem gugur jika tidak memenuhi aturannya. Dengan bergabung di komunitas baca akan mendapatkan info terbaru terkait buku. Bisa saling tukar pendapat.

Karena lingkungan yang mendukung akan memberikan suntikan semangat bagi kita.

5. Targetkan Minimal Satu Buku dalam Seminggu


Buat target bacaan agar tidak kendor di jalan. Kalau kita hanya baca-baca saja tanpa ada target waktu menyelesaikannya, otomatis akan lama selesainya. Dengan minimal satu buku dalam seminggu bisa membuatmu semakin konsisten membaca. Apalagi dengan mengikuti komunitas ini sangat membantu sekali.

6. Bacalah Buku dengan Tema yang Disukai


Kalau kita membaca buku bukan tema yang disuka ini yang menyebabkan kita semakin malas membaca. Maka bacalah tema-tema yang disukai saja. Misalnya suka horor, maka baca itu saja. Jangan karena melihat teman baca ini itu agar terlihat keren. Padahal kita sendiri masih pemula dalam membaca.

Aku mulai membaca lagi karena menyukai tema budaya Indonesia. Apalagi dituliskannya dalam bentuk fiksi, senang sekali rasanya. Membaca dengan tema yang kita suka tanpa sadar akan menjadi kebiasaan.

7. Buatlah Ulasan dan Posting di Sosial Media


Setelah kita membaca biasanya akan mendapatkan berbagai macam wawasan atau ingin merekomendasikan bacaan kita. Dengan cara membuat ulasan baik di Instagram, blog atau media sosial lainnya. Tidak hanya konsisten membaca yang kita rasakan, bahkan bisa merambah ke dunia penulisannya.

Jika kita suka fotografer atau desain. Dengan memposting foto buku kita atau mengedit foto dari ebook bisa menambah keseruan.

Itulah tips konsisten membaca yang aku jalani dan rasakan. Memang ada waktunya kita terkena malas untuk membaca atau istilahnya reading slump. Virus ini sering menjangkiti yang konsisten membaca. Tapi dengan membaca tips di atas bisa membuat semangat baca lagi. Semangat membaca yang paling manjur adalah mengikuti komunitas.
Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

17 comments

  1. Untuk poin satu, saya baru koleksi buku fisik, belum pernah pake ebook.
    Terima kasih kak untuk tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga semakin menambah koleksinya kak hehe

      Delete
  2. Poin no.3 yang terkadang tenggelam karena me time yang lain. Hihi ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kak luangkan waktu barang sedikit saja hehe

      Delete
  3. Udah lama nggak baca buku. Bacanya artikel buat nulis di blog. Kudu dipake tips²nya, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun gitu kak,, tapi minimal saja 15 menit.. atau pas waktu luang baca2 sebentar saja

      Delete
  4. Aku lagi berusaha membangun habit membaca buku tiap hari, membantu banget nih tipsnya!

    ReplyDelete
  5. Aku butuh gabung di komunitas bacaa, biar kalau ada yang congkak bisa termotivasi huhuhu habis aku ni bacain wattpad muli :(

    ReplyDelete
  6. huhu sedih sudah sebulan gak baca buku gegara banyak kesibukan. duh kangenn bacaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kak baca lagi selain baca artikel hehehe

      Delete
  7. huhu, mau ngechallenge diri sendiri biar konsisten baca seminggu satu buku. makasih tipsnya ya..

    ReplyDelete
  8. Buat aku yang berat itu nomor 5 dan 7 hahaha.
    Nomor 5 karena terpaksa sekarang (terpaksa yang bagus) tapi yang ke-7 ini aku masih apa adanya, karena takes timeeee banget.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email