Menggali Rasa Bahagia

9 comments

Bahagia menurut KBBI adalah perasaan senang dan tenteram. Bahagia setiap orang memiliki standarnya masing-masing. Dengan banyaknya informasi yang berseliweran di dunia maya membuat rasa bahagia kadang sulit didapat katanya. Apalagi melihat postingan orang-orang di media sosial yang memperlihatkan bagaimana rasa bahagianya kadang bisa membuat diri merasa tidak bahagia.

Daripada terlalu kebanyakan melihat postingan orang lain yang belum tentu benar adanya. Marilah kita menggali rasa bahagia untuk diri sendiri. Ingat semua orang memiliki standarnya masing-masing. Jangan pijakan kaki kita di tempat orang lain berpijaklah pada kakimu sendiri. Karena kamu tidak akan pernah menjadi orang lain dan orang lain tidak akan pernah menjadi diri kamu sendiri.

Di sini aku akan menggali rasa bahagia versi aku, nanti kalian bisa tuliskan versimu di kolom komentar.

10 hal yang membuatku bahagia :


1. Bisa bangun pagi


Dengan bangun pagi hari bisa membuatku tidak mengejar waktu untuk melakukan aktifitas seharian penuh. Aku kadang membandingkan bangun pagi dan siang hari. Kalau dari pagi hari perasaan senang, tenang dan tidak buru-buru membuat beberapa aktifitas cepat selesai. Akhirnya aku bisa menikmati waktu luangku yang banyak.

Jika kau bangun siang pikiran memburu untuk segera melakukan ini itu, mudah lelah, kadang ada rasa sesal kenapa tidak dari tadi bangunnya, waktu luang sedikit.


2. Ada yang makan masakanku


Rasanya tuh senang banget kalau ada orang lain yang menikmati masakanku. Karena dengan ini aku bisa berbagi kenikmatan pada makanan yang kubuat.


3. Menulis


Dengan menulis aku bisa melepaskan beban pikiranku. Kadang aku suka menggali kenapa sesuatu hal begini atau begitu. Rasanya lega kalau sudah ditulis apalagi bermanfaat untuk orang lain.


4. Jalan-jalan


Yups jalan-jalan meski hanya sekedar ke taman kota, itu membuatku senang karena bisa keluar dari sempitnya ruangan. Melihat kegiatan orang lain itu menyenangkan. Atau sekedar duduk santai menikmati senja di pantai, mendengarkan deburan ombak itu pun sudah membuatku bahagia. Carilah ruang yang luas agar otakmu tidak penat. Tidaklah harus mengeluarkan uang banyak. Lihat fasilitas yang ada di sekitarmu.


5. Mendengarkan orang lain


Ini salah satu hal yang membuatku bahagia jika mendengarkan orang lain bercerita. Entah itu curhat atau mengisahkan kehidupannya. Pastinya aku tidak akan menceritakan kembali ke orang lain. Menjadi pendengar buat orang lain berarti aku dipercaya untuk menjadi temannya.


6. Diminta bantuan sama orang lain


Aku paling suka jika bisa membantu orang lain. Dulu pernah dalam kondisi stres karena bingung harus bagaimana. Seiring berjalannya waktu aku membantu tapi tidak membebani diriku. Misalnya jika aku tidak mampu membantu, ya katakan saja. Tidak perlu memaksakan diri harus mampu. Membantu hal-hal kecil yang teman butuhkan juga sangat berarti bagiku.

Misalnya ada teman butuh rekomendasikan buku apa yang bagus untuk dibaca.


7. Bersama orang-orang yang mau belajar


Bayangkan lingkungan sekitarmu hanya ngomongin kelakuan orang lain. Bakal bosen kan. Jadi aku bersyukur banget memiliki lingkungan yang mau terus belajar. Meskipun itu hanya di dunia online. Karena kehidupan bukan terpatok pada kehidupan orang lain. Tapi bagaimana kita bisa mencapai suatu hal bersama-sama atau saling mendukung atau membagikkan cara keberhasilan kepada orang lain.

Daripada hidup hanya ngomongin kehidupan orang lain lebih baik mencari kelompok yang mau belajar atau orang yang mau mengajari keberhasilannya.


8. Memiliki seseorang atau lingkaran hubungan yang dekat


Pastinya bahagia banget jika dalam berbagai keadaan kita ada yang mendengarkan kisah sedih, senang maupun berbagai rasa tanpa menghakimi. Yups hanya mendengarkan saja. Itu sangat bahagia. Apalagi orang-orang terdekat kita siap untuk memberikan masukan yang mendukung karier kita. Jadi syukurilah dan rasakan kebahagiaan bersama orang-orang terdekatmu.


9. Tidak ada utang ketika mengikuti tantangan


Yups rasanya begitu lega ketika ada tantangan bisa mengerjakannya tanpa utang. Pernah sekali aku memiliki utang tulisan, rasanya tuh gak nyaman banget. Seperti melanggar janji. Maka dari itu bangun pagi sangat membantuku untuk memiliki ide apa yang mau ku tulis pada setoran ODOP. Atau tidak ada presensi yang bolong selama sebulan penuh pada komunitas seminggu sekali minimal setor review buku.


10. Dukungan orangtua


Apalah arti hidup jika kamu tidak mendapatkan restu orang tuamu. Setiap orang memiliki komunikasi yang berbeda-beda dengan orangtuanya. Aku termasuk orang-orang yang beruntung memiliki orang tua yang membebaskan anaknya untuk menjadi apa dan di mana aku berada.

Inilah hal-hal yang membuatku bahagia dan ini masih segelintir rasa bahagiaku. Masih banyak yang membuatku bahagia. Dan aku percaya jika kita mau berubah lebih baik Allah tidak akan membiarkan hidupmu sendirian. Allah akan selalu membersamai bersama oran-orang yang dihadirkan-Nya.

Tulisan ini salah satu tugas pada sekelompok orang yang mau bersama-sama menulis di blog seminggu sekali dengan tema tertentu. Sebenarnya aku telat ikutnya. Harusnya ini tugas pekan lalu. Tugas ini membantu setoran pada ODOP juga. Kadang aku suka kehabisan ide untuk menulis.

Related Posts

9 comments

  1. Baca tulisannya juga ikut bahagia mbaa... Sukaaa

    ReplyDelete
  2. Siapp kak
    Saling belajar, ya kita

    ReplyDelete
  3. Bahagia saya juga bisa karena menulis. Hehehe😁

    ReplyDelete
  4. benar mba, karena bisa melepaskan beban pikiran dengan tulisan jadi senang banget.

    ReplyDelete
  5. "Jangan pijakan kaki kita di tempat orang lain berpijaklah pada kakimu sendiri. Karena kamu tidak akan pernah menjadi orang lain dan orang lain tidak akan pernah menjadi diri kamu sendiri."


    Suka banget sama quotenya Mbak Novia.

    Poin 7 bahagiaku jga. Seneng banget berada dilingkungan yang positif dan saling menyemangati untuk hal-hal postif <3
    dan poin 9 jleb banget hihi. Emang enggak nyaman banget kalo punya utang huhu.

    Sehat-sehat dan sukses selalu untuk Mbak Novia <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba,,,
      yaa nih punya utang tuh gak enak banget.
      apalagi setoran tugas, bikin dag dig dug

      Delete
  6. Nah, setuju banget sama no.7. Karena saat kita dikelilingi toxic people, rasanya ga bisa berkarya dan berkembang. Makanya seneng banget kalo bisa nemu komunitas yang auranya positif dan punya semangat belajar. Kita jadi ikut semangat belajar dan berkarya.

    Sukses terus ya, mbak Novia :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email