Mengenal Diri

22 comments
Daftar Isi [Tampil]
Jurnal viandri

Mengenal Diri untuk Personal Branding

Seringkali kita bisa mengenali orang lain dengan mudah. Misalnya si A tuh seorang penulis yang hebat atau Si B tuh seorang yang traveller dan lain sebagainya. Kemudian nunjuk ke diri sendiri bingung ini siapa dan apa keunikannya?

Jika seseorang belum menemukan siapa dan apa dirinya maka sudah pasti dia akan menjalani hidupnya biasa saja dan flat. Kurang gairah, mengikuti gaya yang ada, kurang berwarna dan lain sebagainya. Pokoknya hidupnya santai aja. Atau yang lebih parah sudah tidak mengenal dirinya sendiri hidupnya berantakan, tidak jelas mau ngapain, jadi beban orang lain atau mengganggu orang lain. Jadi untuk mengenal diri sendiri sangatlah penting.

Terus bagaimana agar bisa mengenal diri sendiri? Nah tulisan ini adalah pendapat pribadi saja, ya temans. Soalnya aku sendiri pun kalau ditanya untuk diri itu apa masih bingung. Apalagi kalau menemukan materi personal branding auto kejang deh heheh becanda. Kemudian ada kelas dengan materi berbeda taunya nyambung juga ke personal branding. Pusing juga kepalaku nih, sedih bacanya, enek rasanya, pengen nangis tapi lega sudah aku tanyakan di kelas. Seperti melepaskan beban dipikiran setelah aku sampaikan. Sebenarnya aku malu untuk mengatakannya secara teman-teman sudah memiliki branding yang kuat.

Ternyata ada saja orang yang mau mengomentari pertanyaanku. Tiba-tiba kirim pesan lewat pribadi dan memberikan jurnal mengenal diri. Isinya hanya pertanyaan tentang diri saja. langsung sedikit tercerahkan. Jadi temans jangan diamkan jika sudah kehilangan jati diri, terus gali dan mintalah pertolongan pada orang lain. Boleh pada orang yang dikenal secara pribadi banget atau yang baru kenal sebentar tapi bisa membantu. 

jurnal
Ini jurnal yang bisa membantumu untuk mengenali diri.

Pertama pahami dulu bahwa untuk mengenal diri bukan berarti kelebihan diri yang bisa menghasilkan uang. Aku tuh paling sering mikir ini memang tentang aku tapi gak menghasilkan uang. 

Kedua tanyakan pada diri sendiri apa yang disukai. Tetiba baca pesan dari teman aku langsung menanyakan ke diri sendiri,apa sih yang aku suka dan merasa ingin terus dilakukan? Ternyata aku suka baca buku dan membuat ulasannya. Satu lagi menulis untuk berbagi pikiran dan kisah. Meski ini belum menghasilkan biaya kehidupanku, tapi cukup membuatku ingin terus melakukannya dan ingin dikenal dengan itu.

Ketiga tanamkan dalam pikiran bahwa mengenal diri jangan terlalu memaksakan atau menyamakan diri dengan orang lain untuk sama keunikan atau keahliannya. Tiap orang memiliki cara pandang yang berbeda maka kita pun tidak boleh memaksakan diri harus sama.

Keempat atur pikiran kita bahwa mengenal diri tidak harus personal branding akan menghasilkan uang, bisa jadi malah kita yang harus mengeluarkan uang.

Keenam mengenal diri dengan keunikan yang ada membuat diri menjadi bahagia dan bermanfaat.

Itulah hal yang aku tanamkan pada diriku yang suka kebingungan dalam perjalanan hidup. Saya tau untuk dikenal sebagai pengulas buku dan penulis di media sosial terutama blog harus dilakukan secara sedikit demi sedikit agar benar-benar melekat pada diri. Yang pastinya keunikan diri bermanfaat untuk orang lain. Dengan mengenal diri maka hidup lebih bergairah dan berwarna juga tujuan hidup menjadi jelas.

Terima kasih sudah mengunjungi tulisankku ini. Semoga bermanfaat meski sedikit.

 

#ODOP

#OneDayOnePost

#ODOPDay37

#mengenaldiri

#personalbranding

Related Posts

22 comments

  1. Menggali personal branding. Hmm. Menarik Kak😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nih kak, karena aku gak siapa aku sebenarnya hihihi

      Delete
  2. Kenalilah dirimu sebaik mungkin. Jangan sampai orang lain yang memberi tahu dirimu yang sesungguhnya (sebuah kutipan yang lupa dari mana entah dari Psikologid atau Daud Antonius)

    Kita seperjuangan nii Kak, mengenali diri adalah kegiatan yang seru, bingung, sekaligus menantang...

    Semangat...

    ReplyDelete
  3. Lebih gampang diucapkan drpd dilakukan..
    hehe

    ReplyDelete
  4. Aku sedang di tahap ini,. Mencari tau passionku di mana, keinginanku apa

    ReplyDelete
  5. Ternyata mengenal orang lain itu lebih midah daripada mengenali diri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak. Kalau disuruh ciri teman-teman tuh gampang banget

      Delete
  6. Bagus kak. Lebih keren lagi kalo jurnalnya ditampilkan yg dikirimin dari temannya hehe

    ReplyDelete
  7. pembahasan yang menarik nih, seandainya bisa meletakkan diri sebagai orang lain untuk menilai diri sendiri hahaa

    ReplyDelete
  8. Keren, Kak. Semangat dan sukses selalu. 😊

    ReplyDelete
  9. Mengenali diri adalah kegiatan yang mesti kita lakukan ya kak, tak kenal maka tak sayang pula sama diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, kalau bukan dari kita siapa lagi? Hehehe

      Delete
  10. terkait mengenal diri, buatku masih juga jadi pr besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai kapan pun akan tetap mengenal diri terus menerus.

      Delete

Post a Comment

Follow by Email