Adab Sebagai Blogger

10 comments
Adab Sebagai Blogger

Perjalananku belajar blog bersama Mba Marita, diajarkan tentang adab sebagai seorang blogger. Adab ini hanya menurut Mba Marita saja, jika diantara kawan ada yang memilikinya bolehlah berbagai di kolom komentar.

Sebelum ilmu dahulukan adab, jadi Mba Marita ini mengajak kita untuk menyadari betapa pentingnya adab blogger sebelum membahas ke dunia blogger. Senang sekali ketika mendapatkan ilmunya. Membuatku untuk lebih baik lagi attitude dalam melakukan segala aktifitas.

Aku juga gak mau ilmu ini hanya ku simpan sendiri. Jadi aku ingin berbagi dengan kawan sekalian. Let’s go kita belajar bersama.

Menjadi blogger yang baik


1. Kontennya Bermanfaat


Jika kawan belum bisa memberikan manfaat yang berimbas pada pembacanya, setidaknya memberikan hiburan bagi pembaca. Ada kan yang suka nulis blog untuk curhat (termasuk aku). Mari kita usahakan tidak hanya berkeluh kesah saja.

2. Terus Belajar


Kita tidak hanya cukup tahu nulis dan posting tulisan kita. Tapi kita harus belajar bagaiman tulisan kita sampai kepada orang yang membutuhkannya. Mengenal lebih jauh tentang fitur yang ada di blog kita. Jika belum sanggup sampai ahli. Setidaknya kita tahu fitur dasar blog kita.

3. Rajin Update


Sayang banget kan kalau tampilan blog kita sudah kece tapi jarang update. sudah satu bulan sekali updatenya, itu pun tidak tiap bulan. Kadang tiga bulan sekali. Sayang banget kan. Ibarat rumah blognya jadi bersarang dan debuan.

Untuk update blog kita lihat dari kemampuan kita. Misal posting tiap hari, atau seminggu tiga kali atau seminggu sekali. Seminggu sekali itu udah minimil banget, ya kawan. Untuk bisa konsisten nulis ikuti komunitas blogger.

Untuk tulisan


1. Personal touch


Isinya jujur, meski menggunakan gaya bahasa sendiri belajarlah EBI. Aku sering nih typo, penggunakan kata imbuhan yang belum tepat, atau kalimatnya belum rapi.


2. Tidak boleh plagiasi


Misal kita mengambil tulisan dari sumber lain, sertakan referensinya. Tidak hanya tulisan, video dan gambar juga sertakan referensinya. Kecuali itu semua dokumentasi pribadi tidak perlu dicantukam referensinya.



Belum mulai nulis, sudah diberikan ilmu menjadi blogger yang baik. Ketika mendapatkan ilmu ini, aku mulai merencanakan masa depan blogku. Terkait rajin update, aku terbantu dengan mengikuti komunitas. Nah Mba Marita jeli sekali untuk membagi ilmunya tentang ini. 

Berbagai Macam Adab sebagai Blogger


Adab Berkomunitas


1. Ikuti Rule


Setiap komunitas memiliki rule yang berbeda-beda. Jadi sebagai anggotanya harus mengikuti rule yang ada pada komunitas. Jika tidak bisa mengikuti rulenya, iya ikuti saja yang sesuai dengan rule kita.

Aku langsung mempraktikan adab ini. Karena aku tidak hanya mengikuti satu komunitas, aku pun berusaha untuk mengikuti dan menghargai rule yang tidak sesuai denganku.

2. Take & Give


Tidak hanya senang menjadi member duduk manis menerima semua fasilitas yang diberikan oleh komunitas. Tapi berbagilah ilmu yang menjadi keahlian kita pada komunitas.

3. SKSD


Saling Kenal Saling Dekat. Jika kita bertamu ke rumah orang, pastinya tidak tiba-tiba duduk. Pastinya menyapa dulu, mengenalkan diri, saling mengenal teman-teman komunitas. Kalau membernya banyak banget, kenalilah foundernya.

Adab Blogwalking


1. Jangan Asal Komen


Hindari komen yang berisi “Artikelnya bermanfaat sekali.” Komen ini paling malas dibaca oleh para blogger. Komenlah sesuai dengan isi tulisan.

Hindari komen “Di endorse, ya?” Meski kita sudah tau, tapi komenlah tentang produknya.


2. Komen Minimal 5 Kata


Kalau komen kita singkat itu dianggap spam. Contonya “makasih”. Minimal satu kalimat dalam berkomen.

3. Jangan tinggalkan Link Hidup


Karena meninggalkan link hidup akan menjadi spam comments. Jika akan meninggalkan link hidup menggunakan metode Name +Url.

4. Kirtik Dijapri Aja


Kalau kita merasa ingin mengkirtik isi tulisan atau yang ada di blognya lakukan secara pribadi. Tidak etis kritik di tempat umum. Kan ada di blog alamat untuk menghubungi. Kritiklah dengan sopan. Karena setiap blogger memiliki alasan tersendiri atas blognya.

5. Balas Komentar


Balaslah komentar yang masuk di tulisan kita. Balas dengan sopan ya kawan.

Pernah tidak kawan menemukan komentar yang buat sakit hati? Kalau, ya. Mari kita belajar bersama-sama adab pada heaters.

Adab pada Haters


Cara menghadapi haters atau orang yang tidak menyukai tulisanku. Karena tidak semua orang akan menyukai tulisan kita. Daripada kita sakit hati membacanya. Lebih baik lakukan ini:

1. Jangan tersulut emosi


Caranya biarkan dulu komen kurang baiknya. Jangan dihapus. Setelah tenang balaslah dengan permintaan maaf, meski kita tidak melakukan kesalahan. Karena dengan minta maaf dapat menurunkan emosi si haters.


2. Jadikan Sarana Instropeksi Diri


Dari komentar yang kontra dengan kita sebagai bahan pelajaran untuk berkomentar yang baik. Bisa juga sebagai ide untuk mengembangkan tulisan kita.


3. Tetap Semangat


Memang komentar kontra menjadikan kita sedih dan tidak semangat. Tapi ingat bahwa kita tidak bisa mengatur pembaca agar sesuai dengan pemikiran kita. Jadi tetap semangat dan terus menebarkan kebaikan.

Jadi tetap legowo, ya kalau kita menerima komentar yang kontra kepada kita. Belajar juga untuk berkomentar yang baik. Adab ini bisa dilakukan tidak hanya di blog saja, tapi di platform lain atau di dunia nyata. Apalagi ketika ada agenda blogger gathering. Ada loh adabnya yang perlu kita pelajari dan praktikan.


Adab Blogger Gathering/Blog Coaching/Blogger Events


1. Datang Tepat Waktu


Kalau bisa kita datang lebih awal sedikit agar bisa ngobrol bersama blogger lainnya.

2. Kenali dan Hargai Pengundang


Jangan sampai mengikuti kegiatan salah drescode. Atau kita tidak mengetahui tentang pengundang. Setidaknya sebelum datang gali informasi tentang acara yang akan kita ikuti.


3. Ikuti Acara dengan Baik


Setiap kegiatan memiliki aturan masing-masing. Misalnya live instagram, facebook atau menggunakan media lainnya. Atau di suruh menulis review di blog dan lain sebagai. Kita wajib mengerjakan yang sudah ditentukan oleh panitia atau pengundang.

4. Kosongkan Gelas


Walaupun kita sudah sering mendangar materinya atau kita sudah paham materinya. Jangan diremehkan, tetap rendah hati dan kosongkan gelas kita.


5. Jalin komunikasi


Saling tukar kontak agar setelah selesai even masih bisa komunikasi. Bisa jadi kita diundang lagi pada evennya.

Jika komunikasi kita dengan banyak orang bisa jadi dapat job. Kan rezeki jadi tambah mengalir. Tapi gak semua job yang kita dapatkan memberikan fee yang sesuai dengan standar kita. Nah ada loh adabnya pada klien. Mari kita belajar bareng, ya kawan.

Adab Pada Klien


1. Balaslah dengan Sopan


Balaslah dengan sopan pada tawaran klien yang misalnya tidak cocok harga atau tema. Jangan merendahkan atau menolak secara mentah-mentah. Tolaklah dengan baik-baik. Jangan memberikan PHP kepada klien.

2. Jaga Rahasia


Tidak perlu menyebarkan fee yang didapatkan pada klien satu dengan yang lainnya. Job is confidential.

3. Jaga Kualitas dan Komunikasi


Tulisan yang ditujukan pada klien, jangan hapus backlingnya setelah selesai pembayarannya. Karena ada klien yang suka mengecek tulisan kita. Kalau ternyata kita setia bisa jadi menjadi mendapatkan job lagi.

Tetap jaga hubungan yang baik, ya kawan. Jika kita memiliki job. Sepertinya adab yang kita pelajari sampai sini semuanya berhubungan dengan orang lain. Perlu nggak sih, diri kita diperhatikan?

Adab pada Diri Sendiri dan Keluarga


1. Manajemen Diri


Jagalah kesehatan kita. Jangan sampai keasyikan berbloging ria, jadi lupa pada kesahatan. Apalagi aku sering banget di depan laptop berjam-jam untuk nulis tugas. Termasuk tugas tulisan ini. Sampai begadang. Tapi aku usahakan tidak setiap hari.

2. Manajemen Waktu


Berkutat dengan blog bukan waktu yang sebentar. Aku pun perlu memprioritaskan kegiatan lainnya. Perlu juga mengatur waktu agar semua kegiatan harian terlaksana dengan baik. Jika yang sudah berkeluarga cobalah untuk tidak menyalahkan kegiatan rumah yang tiada hentinya atau anggota keluarga lainnya. 

3. Manajemen Bahagia


Saking cintanya pada blog jangan sampai kita melupakan kebagahiaan orang lain. Bergelut di blog memang kebahagiaan bagi para blogger, tapi kita juga tidak boleh menyampingkan kebahagiaan orang-orang di sekitas kita

Adab sebagai blogger bisa dilakukan pada kegiatan lainnya. Semoga kita selalu ingat di mana pun berada berusaha untuk menerapkan adab.


Sumber: Materi Blogspedia Coaching Batch1 oleh Marita Ningtyas.


Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

10 comments

  1. Di poin komen minimal 5 kata saya senyum-senyum 😁

    ReplyDelete
  2. Kak, Kalau mau kasih tahu misalkan dipostingannya ada typo, baiknya kasih tahunya di kolom komentar atau dijapri aja?

    ReplyDelete
  3. Ternyata sebagai seorang blogger ada adabnya ya. Kalau mau melakukan sesuatu memang harus tau adabnya dulu ya mba.

    ReplyDelete
  4. Pokoknya harus selalu ingat adab di atas ilmu, betul kan mbak 😁

    ReplyDelete
  5. Artikelnya keren, mbak. Banyak yang saya baru tahu, soalnya saya masih newbie.

    Terima kasih sharing-nya ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email