5 Tips Komunikasi dengan Saudara Nyaman

Post a Comment
komunikasi

Siapa sih yang ingin komunikasi dengan saudara itu nyaman? Pastinya semuanya ingin kan. Tapi kenyataannya tidak semudah itu untuk nyaman dengan saudara dengan seiringnya waktu. Waktu kecil mungkin bisa bermain bersama, tertawa bersama, kalau kesal gampang balikannya. Nah seiringnya waktu ternyata kedekatan menjadi berkurang. Di sini saya akan paparkan pendapat pribadi dalam melihat hubungan persaudaraan sendiri maupun orang terdekat.

Kenapa komunikasi dengan saudara semakin bertambah umur berkurang?

Setiap manusia memiliki perkembangan dalam berpikir

Pengaruh dari lingkungan pertemanan

Pengaruh dari wawasan yang didapat

Sudah memiliki tujuan hidup yang berbeda.

Sudah memiliki fondasi pemikiran untuk menjalani hidup 

Dulu waktu kecil yang diketahuinya adalah bermain bersama, tidak ada ada namanya perbedaan secara signifikan. Bukan berarti karena berbeda jadi menjauhi saudara. Nah saya akan jelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan agar komunikasi nyaman dengan saudara.

5 TIPS KOMUNIKASI DENGAN SAUDARA NYAMAN

Berprasangka Baik

Berprasangka baik menurut saya adalah dasar hubungan dengan sesama manusia. Termasuk saudara juga manusia kan. Jika kita sudah berprasangka baik, insya Allah menggunjingkan saudara tidak ada.

Hargai dan dukung keputusan pilihan hidup saudara

Di sini yang dihargai adalah pilihan hidup yang tidak merugikan dirinya dan juga orang lain. Jika kita merasa paling benar pilihan hidupnya dan memaksakan pilihan kita ke saudara akan berakibat fatal. Saudara kita akan trauma dengan kita atau malah akan balas dendam. Pilihan kita belum tentu sama dengan pilihan saudara kita.

Jangan malu berkata meminta izin, tolong, terima kasih dan maaf

Kadang suka ambil barang saudara atau menggunakan barangnya tanpa izin dulu. Dipikirnya bahwa saudara ini masa marah diambil barangnya. Tidak semua saudara merasa nyaman barang pribadinya diusik. Masa kita ke orang lain saja lebih sopan tapi ke saudara asal-asalan. Meski yang diusik barangnya dengan tampang biasa saja, belum tentu nyaman.

Jadi meminta izinlah sebelum meminjam, katakan tolong jika memerlukan bantuan, ucapkan terima kasih jika dibantu atau diberi sesuatu dan katakan maaf jika melakukan kesalahan.

Jangan mengobrol tema yang memicu perdebatan

Sudah saya katakan di atas bahwa manusia akan berkembang dalam pemikiran. Maka dari itu tema-tema seperti agama, politik, ideologi itu bisa memicu pertengkaran. Meskipun saudara kandung tetap saja pemahamannya berbeda. Maka hindarilah sebisa mungkin.

Luangkan waktu untuk bersama

Luangkanlah waktu untuk liburan bersama atau ngobrol santai bersama. Apalagi seperti saya yang jarang sekali pulang, biasanya diusahakan jalan-jalan bareng. Meski kalian tinggal satu rumah pun seringnya tidak terlalu bersama. Sibuk dengan kegiatan masing-masing maka luangkanlah.

Bagaimanpun keadaan saudara kita, berusahalah untuk berkomunikasi yang nyaman. Bagaimana cara kalian agar komunikasi tetap nyaman? Jangan lupa tinggalkan di kolom komentar, ya.

 

#ODOP

#OneDayOnePost

#ODOPDay32

 

 

Viandri
Hai, saya seorang yang menyukai baca buku. Sedang belajar menulis dan senang berbagi kesan di sekitar.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email