[REVIEW] WESEL POS

Post a Comment

Tentang Novelet

Novelet atau novela adalah sebuah karya sastra yang memiliki bentuk lebih kecil dari novel dan lebih panjang dari cerpen. Novelet merupakan genre sastra yang umum dibeberapa bahasa Eropa. Akan tetapi, novelet kurang umum dalam bahasa Inggris. Sumber wikipedia. Ini sekilas tentang novelet atau novela.

Blurb

Ada dua jenis orang yang hidup di Jakarta. Pertama adalah orang sakti, mereka adalah orang yang akan bertahan hidup sebab ‘ilmu’ mereka sudah tinggi. Kedua adalah orang sakit, yang akan mati ditelan kekalahan di kota ini. Elisa datang ke Jakarta membawaku, sebab di atas tubuhku tertulis alamat kakaknya yang selama ini mengiriminya uang melalu aku, si Wesel Pos. Apakah dia akan menjadi orang sakti atau orang sakit? Sungguh tipis perbedaan sakti dan sakit.

Prolog

Saya mengenal novela ini dari kegiatan #bacabareng komunitas online Gerakan One Week One Book. Meski sudah mengenal jenis-jenis karya nonfiksi dari bangku sekolah, baru kali ini saya memahaminya. Untuk pertama kalinya juga saya mengenal penulis bernama Ratih Kumala dan selanjutnya jatuh cinta pada beberapa karyanya.

Review

Wesel pos menceritakan perjalanan seorang gadis bernama Elisa dari Purwodadi untuk mencari kakaknya Ikbal yang merantau ke Jakarta.

Elisa pergi ke Jakarta untuk menemui saudara satu-satunya. Untuk mengabarkan bahwa ibunya sudah meninggal dunia.Berbekal uang seadanya, satu tas gendong dan secarik wesel pos alamat kakaknya. Nasib naas menimpa Elisa bahwa alamat yang dituju tidak memberikan petunjuk keberadaan kakaknya. Gedung itu memiliki banyak kantor berbagai macam nama. Elisa tidak tahu kantor mana yang dituju. 

Untungnya Elisa dikenalkan pada supir pribadi salah satu bos yang memiliki kantor di gedung itu. Katanya ia memiliki kenalan banyak orang-orang yang bekerja di gedung itu. Ia namanya Fahri. Fahri membantu Elisa untuk mencari Fahri dengan memberi tumpangan tempat tinggal.

Perjalanan Elisa dari turun dari bus sampai mengetahui keberadaan Ikbal disuguhkan bagaimana kehidupan yang terjadi di Jakarta. Elisa gadis lugu yang mempercayai orang baru dikenalnya, raiblah tas dan segala isinya. Polisi yang diharapkan bisa membantu, hanya menyuruhnya membiarkan saja kejadian yang menimpanya.

Membaca novel ini menyadarkan diri bahwa inilah hidup yang sesungguhnya  terjadi, bukan kisah cinta yang berandai-andai atau kehidupan yang hanya menggapai fasilitas hidup yang melenakan.

wesel pos
pict by gramedia digital

Wesel Pos//Ratih Kumala//Gramedia Pustaka//Juni, 2018//100 hlm//baca via app Gramedia Digital

Viandri
Seorang perempuan yang menikmati perjalanan. Suka berpergian sendiri. Selalu percaya bahwa Sang Pencipta tidak pernah meninggalkan sendirian.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email