Mendengarkan Musik Bossanova Jawa

Post a Comment
Hari Minggu waktunya untuk beberes rumah. Yang suka menumpuk cucian langsung terjun nyuci. Yang menumpuk setrikaan langsung nyetrika untuk seminggu ke depan, ini sih saya banget. Sambil berkegiatan di rumah. Daripada diam mengerjakan kerjaan yang numpuk enaknya kan sambil mendengarkan musik. Ini sering banget aku lakukan, pastinya kalau lagunya enak menambah syahdunya hari Minggu. Ketika mencari playlist lagu entah kenapa otak ini mencari lagu Jawa. Terus melihat ada playlist namanya Bossanova Jawa.

Mendengarkan Bossanova Jawa ini meneduhkan hati dan pikiran. Mendayu-dayu. Saya dari dulu sering mendengar jenis musik ini dan saya sering pula mendengarnya, tapi tidak ada niatan untuk mencari jenis musik ini. Pas mendengarkan musik ini dengan lagu Jawa serasa tenang banget.

Apa itu Bossanova Jawa?


Sebelumnya saya jelaskan dulu genre musik Bossa nova. Genre musik ini berasal dari Brasil terkenal pada tahun 1950an dan 1960an. Arti frase Bossa Nova adalah tren baru atau gelombang baru. Dengan menggunakan perkusi musk Jazz dan Samba. Jenis musik ini tercetuskan diantara anak muda dan pelajar.

Bossanova Jawa ini gabungan antara musik keroncong dan bossa nova Brazil. Jadi teman-teman masih akan merasakan kelembutan perpaduan musik ini.

Siapa yang memperkenalkan Bossanova Jawa?


Bossanova jawa ini mulai diperkenalkan oleh studio musik di Semarang yang bernama IMC Duta Record pada tahun 2001 sampai tahun 2011. Perusahan rekaman ini memiliki grup dengan nama Bossanova Jawa yang digawangi oleh Awing(lead-guitar), Anang (bass guitar), Rifai (saksofon), Bambang Progressio (Conga dan perkusi lain). Vokalisnya pada grup ini semua album adalah perempuan. Pada album pertama Pipit Lisna, Wening dan Widya pada album kedua dan ketiga. Di album terakhir atau empat diisi oleh Dian.

Grup ini menghasilkan empat buah album dan setiap sampulnya para personel menggunakan pakaian adat jawa.

Lagu yang terkenal Lingsir Wengi, Tanjung Perak, Stasiun Balapan, Yen Ing Tawang Ana Lintang, Gambang Semarang atau Alun-alun Nganjuk.

Teman-teman bisa mendengarkannya di spotify atau youtube.

Musik Bossanova Jawa
by bossanovajawa.blogspot.com
Mendengarkan jenis musik ini membuat jiwa saya sebagai seorang yang memiliki budaya jawa rasanya adem dan ingin terus melestarikan bahasa dan budaya jawa.

Dengan cara menyajikan musik daerah dipadukan musik asing yang enak didengar seluruh masyarakat salah satu untuk menjaga kelestarian lagu daerah. Apapun latar belakang kamu, ada baiknya berusaha untuk mendengarkan dan menjaga keaneragaman musik daerah Nusantara.

Bersyukurlah saya yang bisa merasakan tiga budaya berbeda dengan bahasa yang berbeda sehingga membuat saya ingin terus menggunakannya di hidup saya.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Bossa_nova
http://bossanovajawa.blogspot.com/
https://www.kompasiana.com/eddyroesdiono/5518a72c813311a9689dec0a/berburu-teduh-dalam-bossanova-jawa

Viandri
Hai, saya seorang yang menyukai baca buku. Sedang belajar menulis dan senang berbagi kesan di sekitar.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email